Analisa manfaat sosial gadai syariah serta kredit jaminan fidusia syariah : studi kualitatif terhadap konsep pembiayaan syariah dalam mekanisme pelayanan produk gadai

PuputYusdaApriliana (2007) Analisa manfaat sosial gadai syariah serta kredit jaminan fidusia syariah : studi kualitatif terhadap konsep pembiayaan syariah dalam mekanisme pelayanan produk gadai. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam pengambilan kebijakan suatu perusahaan, pihak-pihak pembuat kebijakan dalam membuat keputusan memerlukan pertimbangan kondisi sosial masyarakat, dengan menggunakan penilaian atas biaya serta manfaat (cost-benefit) untuk mengetahui efek dari kebijakan yang telah diambil tidak hanya bagi kepentingan perusahaan namun juga eksternal. Biaya-manfaat transaksional (private cost-benefit) serta biaya dan manfaat (cost-benefit) yang dirasakan pihak luar atau externality merupakan bagian dari penilaian atas biaya-manfaat sosial. Penilaian manfaat sosial dan biaya sosial menjadi pertimbangan yang tidak kalah penting untuk memberikan suatu wacana yang lengkap dari beberapa sudut pandang dalam menilai efek suatu kebijakan baik menilai biaya dan manfaat transaksional maupun maupun eksternalitas yang ditimbulkan. Kebijakan yang diambil serta manfaat maupun biaya transaksional dan sosial yang muncul memiliki korelasi dua arah dimana kebijakan yang diambil dilakukan melalui pertimbangan analisa namun juga dapat digali manfaat dari keputusan yang diambil untuk kemudian dijadikan pengembangan lanjutan. Lembaga-lembaga syariah yang banyak bermunculan menjadikan suatu obyek yang cukup menarik untuk diamati serta dianalisa manfaat yang ditimbulkan baik laba internal perusahaan maupun efek eksternal yang dihadirkan untuk dijadikan pertimbangan dalam perkembangannya. Masalah utama yang akan menjadi pembahasan dalam penelitian ini adalah proses pencarian nilai kemanfaatan secara sosial dalam layanan gadai dengan jaminan fidusia sistem pembiayaan syariah konsep mudharabah sebagai salah satu sarana memfasilitasi penyediaan kebutuhan pinjaman usaha yang mudah bagi usaha mikro dan menengah. Teknik dan model analisis yang digunakan dalam penulisan adalah dengan pendekatan analisa data dan kemudian mensinergikan dengan sumber hukum Islam dan disesuaikan dengan kenyataan dilapangan. Analisis data dilakukan secara induktif dengan pengumpulan data yang relevan dengan pembahasan dimungkinkan lebih dapat menemukan kenyataan-kenyataan jamak. Tahapan analisis tema kemudian dimaterialkan penulis dengan membuka wacana tentang sistem gadai konvensional beserta turunan dan variasi produk layanannya untuk menggali keunggulan manfaat secara sosial pembiayaan gadai syariah tarif ijarah serta kredit jaminan fidusia konsep syariah. Dalam penilaian manfaat sosial yang dilakukan oleh penulis membawa hasil penilaian dalam bentuk penilaian secara kualitatif. Kredit syariah dalam manfaat prediktif skim fidusia atau gadai tanpa penahanan barang jaminan mampu memberikan meningkatkan kesejahteraan serta peluang dan stimulasi positif bagi masyarakat untuk lebih produktif dalam pengelolaan dana dari gadai syariah. Penggalian manfaat secara lebih lengkap tidak hanya pada sudut pandang tuntutan ekonomis terutama bagi perusahaan diharapkan mampu memikirkan tanggung jawab sosial yang diharapkan mampu memberi manfaat bagi perusahaan maupun meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2007/050702866
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 30 Oct 2007 00:00
Last Modified: 20 Oct 2021 06:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102967
[thumbnail of 050702866.pdf]
Preview
Text
050702866.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item