Analisis comparative kinerja keuangan perusahaan jika diukur dengan menggunakan metode Economic Value Added [EVA] pada perusahaan rokok yang listing di Bursa Efek Jakarta [BEJ]

DennySetiawan (2007) Analisis comparative kinerja keuangan perusahaan jika diukur dengan menggunakan metode Economic Value Added [EVA] pada perusahaan rokok yang listing di Bursa Efek Jakarta [BEJ]. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Konsep Economic Value Added (EVA) dalam beberapa periode ini digunakan sebagai alat ukur alternatif dalam mengukur kinerja (prestasi) perusahaan disamping analisis rasio keuangan. Hal ini bukan berarti analisis rasio keuangan tidak layak lagi digunakan sebagai alat analisis manajemen, namun konsep EVA juga digunakan untuk membantu para investor dan pemegang saham sebagai acuan untuk mengalokasikan dan menanamkan modalnya. EVA yang dikembangkan oleh Stern dan Stewart merupakan suatu ukuran kinerja keuangan perusahaan sekaligus bisa mengukur profitabilitas dan tingkat pertumbuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja keuangan perusahaan rokok yang listing di BEJ jika di ukur dengan menggunakan konsep EVA. Selain itu, penelitian ini juga berusaha untuk menganalisis perbandingan kinerja keuangan perusahaan rokok yang listing di BEJ selama periode 2003-2005 dengan menggunakan konsep EVA. Secara umum selama 3 tahun periode penelitian, hasil analisis menunjukkan bahwa PT HM Sampoerna, Tbk. memiliki kinerja yang lebih unggul daripada kedua perusahaan lain dalam industri sejenis, yaitu PT BAT Indonesia, Tbk. dan PT Gudang Garam, Tbk. Keunggulan kinerja PT HM Sampoerna tersebut apabila diamati selain disebabkan karena perusahaan mampu menghasilkan laba bersih yang terus mengalami kenaikan setiap tahun, perusahaan juga menunjukkan sikap yang moderat dalam menggunakan sumber pendanaan, baik yang berasal dari hutang ataupun yang berasal dari modal sendiri. Adanya kebijakan perusahaan yang berusaha menciptakan komposisi yang seimbang pada struktur modal perusahaan menyebabkan PT HM Sampoerna, Tbk. mampu menciptakan nilai WACC yang optimal sehingga menghasilkan nilai yang lebih kecil dari rata-rata industri. Hal tersebut menyebabkan PT HM Sampoerna, Tbk. mampu menghasilkan EVA yang cukup tinggi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2007/050702779
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 29 Oct 2007 00:00
Last Modified: 20 Oct 2021 06:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102963
[thumbnail of 050702779.pdf]
Preview
Text
050702779.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item