Pengaruh Operating Leverage, Cyclicality, Firm Size, dan Asset Growth terhadap Risiko Bisnis Saham. : studi pada perusahaan yang terdaftar aktif dalam Indeks LQ-45 di Bursa Efek Jakarta

SatriyaCandraBP (2007) Pengaruh Operating Leverage, Cyclicality, Firm Size, dan Asset Growth terhadap Risiko Bisnis Saham. : studi pada perusahaan yang terdaftar aktif dalam Indeks LQ-45 di Bursa Efek Jakarta. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel bebas yang terdiri dari operating leverage, cyclicality, firm size dan asset growth terhadap risiko bisnis sebagai variabel terikat baik secara simultan maupun parsial dan mengetahui variabel bebas mana yang mempunyai pengaruh dominan terhadap risiko bisnis. Obyek penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar aktif dalam indeks LQ-45 yang go public di BEJ, dengan periode penelitian 2001-2005. Jenis penelitian explanatory research, yaitu menjelaskan ada tidaknya hubungan antara variabel-variabel yang diteliti melalui suatu pegujian hipotesis yang dilakukan. Data yang digunakan adalah data sekunder berupa laporan keuangan. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Jumlah populasi 45 perusahaan dan sampel yang diambil sebanyak 11 perusahaan. Alat analisis data yang digunakan regresi linier berganda dengan metode Ordinary Least Square (OLS) yang sudah bebas dari gejala asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan secara simultan variabel-variabel bebas yang diteliti mempengaruhi risiko bisnis perusahaan yang terdaftar aktif dalam indeks LQ-45 dan secara parsial variabel cyclicality, firm size dan asset growth memiliki pengaruh terhadap risiko bisnis. Sedangkan operating leverage tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap risiko bisnis. Variabel firm size merupakan variabel yang mempunyai pengaruh dominan dengan arah yang negatif terhadap risiko bisnis. Sehingga bila semakin besar firm size, maka semakin kecil risiko bisnis yang dimilikinya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2007/050702777
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 29 Oct 2007 00:00
Last Modified: 20 Oct 2021 06:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102961
[thumbnail of 050702777.pdf]
Preview
Text
050702777.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item