Analisis lingkungan sebagai dasar perumusan strategi pada PT. Citra Perdana Kendedes Malang.

Sandjojo, Henky (2006) Analisis lingkungan sebagai dasar perumusan strategi pada PT. Citra Perdana Kendedes Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan kondisi lingkungan eksternal pada industri transportasi taksi di Kota Malang yang berpengaruh pada PT. Citra Perdana Kendedes dan kondisi lingkungan internal PT. Citra Perdana Kendedes sendiri untuk menentukan strategi yang efektif bagi perusahaan berdasarkan hasil analisis lingkungan eksternal dan internal perusahaan. Beberapa variabel yang digunakan dalam analisis lingkungan eksternal antara lain: kekuatan ekonomi, kekuatan sosial budaya dan demografi, kekuatan politik, kekuatan ekologi dan kekuatan persaingan. Variabel yang dianalisa pada analisis lingkungan internal PT. Citra Perdana Kendedes meliputi: faktor pemasaran, faktor sumber daya manusia dan faktor operasional. Dalam penelitian ini konsep perumusan strategi yang digunakan adalah berdasarkan literatur yang ditulis oleh Fred R. David. Perumusan strategi menurut konsep ini terdiri dari tiga tahap, yaitu tahap masukan ( input stage ), tahap pencocokan ( matching stage ) dan tahap penentuan ( decision stage ). Dalam penelitian ini alat analisis yang digunakan antara lain: analisis EFE dan IFE ( input stage ), analisis matriks TOWS, matriks IE, dan matriks Grand Strategy , serta analisis matriks QSP ( decision stage ). Dari hasil analisis EFE diketahui bahwa PT. Citra Perdana Kendedes menghadapi ancaman yang cukup tinggi dari lingkungan eksternalnya, dimana ancaman terbesar muncul dari kondisi perekonomian dan kenaikan harga BBM. Dari hasil analisis IFE diketahui bahwa posisi PT. Citra Perdana Kendedes berada di rata rata industri, dimana kekuatan PT. Citra Perdana Kendedes terutama berasal dari kondisi perusahaan dan sistem pemasaran yang baik, sedangkan kelemahan utama PT. Citra Perdana Kendedes berasal dari sumber daya manusia yang kurang termotivasi. Selanjutnya pada tahap pencocokan diketahui beberapa strategi yang sesuai bagi PT. Citra Perdana Kendedes, antara lain: strategi diversifikasi konsentrik, strategi diversifikasi konglomerat, dan strategi rasionalisasi biaya. Pada tahap penentuan diketahui bahwa strategi yang paling menarik bagi PT. Citra Perdana Kendedes adalah strategi diversifikasi konsentrik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2006/631/050703204
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 14 Dec 2007 10:26
Last Modified: 20 Oct 2021 06:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102950
[thumbnail of 050703204.pdf]
Preview
Text
050703204.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item