Strategi Nation Branding Korea Selatan Melalui Program Gastrodiplomasi Hansik: Korean Cuisine To The World Di Tahun 2009 – 2017

At Tamamy, Chaidr Al Hakiem (2018) Strategi Nation Branding Korea Selatan Melalui Program Gastrodiplomasi Hansik: Korean Cuisine To The World Di Tahun 2009 – 2017. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Citra produk nasional atau nation brand suatu negara menjadi hal yang sangat penting di era globalisasi saat ini. Nation brand memiliki dampak luas bagi pertumbuhan ekonomi dan pengaruh politik suatu negara di level internasional. Hal ini menyebabkan banyak negara-negara di dunia saat ini semakin interaktif untuk berlomba mendapatkan pengakuan dengan mengenalkan dan mempromosikan produk nasionalnya kepada publik internasional. Upaya-upaya tersebut dilakukan pula oleh negara Korea Selatan melalui sebuah kebijakan strategi nation branding yang dibangun dengan pengembangan sistem, infrastruktur, serta penguatan nilai yang terkandung dalam produk nasionalnya, salah satunya dengan memaksimalkan pemanfaatan potensi dari budaya yang dimilikinya. Keputusan Pemerintah Korea Selatan untuk menjalankan program gastrodiplomasi sangat erat kaitannya dalam upayanya untuk meningkatkan nation brand Korea Selatan. Adapun Korea Selatan menjalankan program gastrodiplomasinya secara masif dengan mengaplikasikan hubungan antara publik (masyarakat) bersama pihak korporat negara (instansi dan perusahaan), dengan gencar melakukan promosi kampanye globalisasi budaya kulinernya kepada publik internasional secara luas. Penelitian ini pun akan berfokus pada bagaimana Korea Selatan merancang dan menjalankan strategi nation branding dengan pengaplikasian sebuah program gastrodiplomasi bernama hansik: Korean cuisine to the world di tahun 2009 sampai dengan tahun 2017.

English Abstract

The nation brand image, has become something important in current globalization era. Nation brand has the huge impact for economic development and the influence of international politics. In this case, many countries became more interactive to compete for recognition by introducing and promoting its national products to the international public. Those efforts are also undertaken by the South Korean through a nation branding strategy policy, that was built with development of systems, infrastructures, and strengthening of the value of its nation brand. One of them by utilization the potential of its culture. The Government of South Korean decide to start the gastrodiplomacy program, in which is closely linked in its efforts to enhance the nation brand of South korea. South Korea runs its gastrodiplomacy program by applying the relationship between public herewith state corporations (agencies and companies), through massively promoting of culinary globalization toward the international public widely. This research will be focused on how South Korea designed and implemented its nation branding strategy through the application of the gastrodiplomacy program called hansik: Korean cuisine to the world in 2009 until 2017.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/117/051802573
Uncontrolled Keywords: Korea Selatan, Nation Branding, Gastrodiplomasi, Hansik: Korean Cuisine to The World
Subjects: 300 Social sciences > 327 International relations > 327.1 Foreign policy and specific topics in international relations > 327.109 519 5 Foreign policy and specific topics in international relations (South Korea)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 07 May 2018 05:00
Last Modified: 18 Oct 2021 03:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/10295
[thumbnail of CHAIDR AL HAKIEM AT TAMAMY.pdf]
Preview
Text
CHAIDR AL HAKIEM AT TAMAMY.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item