Analisis Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Pendapatan Kamar Pada Hotel Wisata Tidar Malang

LSenoBayuPutro (2006) Analisis Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Pendapatan Kamar Pada Hotel Wisata Tidar Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan dunia pariwisata Indonesia terus mengalami peningkatan dari waktu ke waktu yang dapat dilihat dari indikasi bertambahnya jumlah wisatawan yang berkunjung ke daerah tujuan wisata di Indonesia, yang terkenal dengan keindahan alam, keramahan penduduk, dan keanekaragaman budayanya. Seiring dengan perkembangan tersebut, usaha perhotelan yang menyediakan jasa penginapan dan jasa penunjang lainnya, pun banyak bermunculan. Hotel Wisata Tidar sebagai sebagai salah satu hotel yang ada di kota Malang, juga turut mengambil bagian dalam perkembangan usaha perhotelan yang ada di Indonesia. Dalam pelaksanaan operasinya, Hotel Wisata Tidar juga berusaha bersaing seoptimal mungkin, kendati masih pendatang baru. Dalam usaha untuk mempromosikan dirinya, Hotel Wisata Tidar, mengunakan 2 (dua) media bauran promosi, yaitu: periklanan dan personal selling . Berdasarkan hal di atas, untuk mengetahui sejauh mana keefekifan kegiatan promosi yang dilakukan dalam hubungannya dengan pendapatan kamar yang diperoleh, diadakanlah penelitian ini. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 2 (dua) variabel, yaitu: variabel bebas (periklanan dan personal selling ) dan variabel terikat (pendapatan kamar). Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pegaruh bauran promosi terhadap pendapatan kamar dan untuk mengetahui bauran promosi mana yang berpengaruh paling dominant terhadap pendapatan kamar. Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi pihak penulis, pihak Hotel Wisata Tidar, dan pihak lainnya yang berkompeten. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa hanya variabel personal selling yang berpengaruh sangat signifikan terhadap pendapatan kamar, sedangkan variabel periklanan mempunyai pengaruh yang kurang signifikan terhadap pendapatan kamar, sehingga variabel ini dihilangkan (akibat adanya gejala multikolinieritas).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2006/596/050700595
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 15 Jul 2009 09:29
Last Modified: 20 Oct 2021 06:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102941
[thumbnail of 050700595.pdf]
Preview
Text
050700595.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item