Tingkat Sensitivitas Pasien Terhadap Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Layanan Jasa Kesehatan BPK RSD Mardi Waluyo Blitar : studi pada pasien penyakit dalam rawat inap

MegasariRahayuWigati, (2006) Tingkat Sensitivitas Pasien Terhadap Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Layanan Jasa Kesehatan BPK RSD Mardi Waluyo Blitar : studi pada pasien penyakit dalam rawat inap. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

RSD Mardi Waluyo Blitar merupakan rumah sakit daerah satu-satunya yang ada di Kota Blitar dan masih dikelola secara langsung oleh Pemerintah Kota Blitar. Rumah sakit ini berdiri sejak tahun 1947. Selama ini RSD Mardi Waluyo Blitar telah menunjukkan perkembangan yang sangat baik dari segi pelayanan kesehatan bagi pasiennya. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk meneliti tingkat kesesuaian antara sensitivitas pasien yang terdiri dari atribut dimensi kualitas pelayanan (bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, empati, kebijakan harga dan promosi) terhadap kepuasan layanan jasa kesehatan BPK RSD Mardi Waluyo Blitar pada pasien penyakit dalam rawat inap. Dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti di BPK RSD Mardi Waluyo Blitar ditemukan beberapa fakta, antara lain: tingkat kesesuaian antara harapan pasien dan kenyataan yang didapatkan pasien saat dirawat di rumah sakit tinggi, variabel daya tanggap memiliki tingkat kesesuaian dominan diantara semua variabel dimensi kualitas pelayanan yang ada, variabel kebijakan harga dan promosi harus lebih diperhatikan oleh pihak BPK RSD Mardi Waluyo Blitar dikarenakan tingkat kesesuaiannya dengan harapan pasien masih rendah, atribut pelayanan obat-obatan pasien dari apotek rumah sakit dinilai pasien perlu diperbaiki lebih cepat dikarenakan atribut ini tingkat kesesuaiannya rendah dan merupakan faktor utama penentu kesembuhan pasien. Hasil penelitian diatas menunjukkan adanya variabel-variabel dari dimensi kualitas pelayanan jasa kesehatan BPK RSD Mardi Waluyo Blitar yang perlu diperhatikan dan diperbaiki oleh pihak rumah sakit guna meningkatkan kepuasan pasien antara lain: variabel bukti fisik, keandalan, kebijakan harga dan promosi. Peneliti berharap dengan adanya penelitian ini, maka pihak manajemen BPK RSD Mardi Waluyo Blitar dapat menyusun kebijakan baru dari segi kualitas pelayanan kesehatan bagi pasien. Perhatian dan perbaikan dari pihak manajemen BPK RSD Mardi Waluyo Blitar pada variabel-variabel kualitas pelayanan jasa kesehatan tersebut akan menjadikan BPK RSD Mardi Waluyo Blitar semakin handal dalam pelayanan primanya bagi pasien dan menjadikan rumah sakit ini selalu terdepan dan terpercaya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2006/586/050700288
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 15 Jul 2009 09:07
Last Modified: 20 Oct 2021 06:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102938
[thumbnail of 050700288.pdf]
Preview
Text
050700288.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item