Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan jasa Terhadap Kepuasan Pelanggan Warung Internet NUTXY Malang

IusPutriPramudia (2006) Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan jasa Terhadap Kepuasan Pelanggan Warung Internet NUTXY Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam era globlisasi kemajuan teknologi sudah dinilai sangat pesat. Hadirnya internet merupakan salah satu bentuk kemajuan tekhnologi dalam kemudahan berkomunikasi. Saat ini perambahan internet mwnckup dunia pendidikan di Negara kita, karena sekolah-sekolah saat ini banyk sekali yang menganjurkan tugas-tugas yang datanya diambil dari internet. Pembukaan warung internet merupakan salah satu bentuk untuk memudahkan masyarakat dalam mengkonsumsi internet tanpa mengeluarkan biaya yang sangat mahal. Untuk memenangkan persaingan dengan warung internet yang lain, maka pembukaan warung internet dmana mereka menjual jasa sebagai produk utama sangatlah ditekankan untuk meningkatkan kualitas pelayanan demi memenangkan persaingan. Penelitian ini dilaksanakan di warung internet NUTXY Malang. Penelitian yang digunakan adalah kausal komparatif, yaitu penelitian yang bertujuan mencari hubungan kausal antara variabel-variabel penelitian melalui pengujian hipotesa. Riset yang dilakukan dalah survey, untuk melihat pengaruh variable independent (dimensi kualitas yang terdiri : faktor fisik, empati kenadalan, daya tanggap dan asuransi) terhadap variable dependen (kepuasan pelanggan). Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh dimensi kualitas terhadap kepuasan pelanggan warung internet NUTXY Malang. Utnuk mengukur tingkat kepuasan tersebut digunakan alat ukur berupa kuisioner yang berisikan pernyataan-pernyataan setuju maupun tidak setuju konsumen terhadap komponen-komponen variable dimensi kualitas yang ada. Selanjutnya data tersebut diolah dengan menggunakan uji F, uji t dan koefisien korelasi untuk menjawab hipotesis. Disamping itu juga dilakukan validitas, uji reliabilitas, uji asumsi normalitas, uji multikolinieritas dan uji heterokedesitas guna mendapatkan hasil yang tidak bias. Dari hasil analisi regresi berganda, diperoleh bahwa seluruh variable dimensi kualitas yang ada secara simultan dan parsial berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan dalam mengkonsumsi jasa pelayanan warung internet NUTXY Malang. Sedangkan variabel faktor fisik nerupakan variabel yang paling dominant berpengaruh dibandingkan dengan variabel lainnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2006/330/050602088
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 15 Jul 2009 10:01
Last Modified: 20 Oct 2021 06:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102932
[thumbnail of 050602088.pdf]
Preview
Text
050602088.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item