Penerapan Economic Value Added dan Analisis Rasio untuk mengklasifikasikan kesehatan Bank yang Go publik di Bursa Efek Jakarta

TyasAjengRetnoningrum (2006) Penerapan Economic Value Added dan Analisis Rasio untuk mengklasifikasikan kesehatan Bank yang Go publik di Bursa Efek Jakarta. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan apakah analisis Economic Value Added dapat dipakai untuk menjelaskan secara signifikan terpisahnya kelompok sehat dan tidak sehat yang listing di Bursa Efek Jakarta selama periode 2003-2004 serta untuk mengetahui apakah metode Economic Value Added berperan dominan dalam membedakan bank sehat dan bank kategori tidak sehat. Populasi penelitian adalah 28 perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta tahun 2003 dan 2004. Jumlah sampel 9 perusahaan perbankan yang dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang berasal dari Annual Report perusahaan perbankan yang di publikasikan Bursa Efek Jakarta yang berakhir pada 31 Desember 2004. Metode analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji diskriminan. Hasil pengujian menunjukkan bahwa Economic Value Added dapat menjelaskan terpisahnya kelompok bank sehat dan tidak sehat. Sedangkan variabel yang paling dominan dalam membedakan status tingkat kesehatan bank adalah Economic Value Added.

English Abstract

The aims from this research are to investigating whether the Economic Value Added can explain significantly the separation of healthy banks from those that unhealthy at listed Jakarta Stock Exchange in 2003-2004 an also whether the Economic Value Added plays a dominant role in classiffying banks either into healthy and unhealthy bank. Population of Research is 28 bank firms listed in Jakarta Stock Exchange year 2003 and 2004. Amount of sampel 9 bank firms selected by using method of purposive sampling. This research use data of sekunder coming from annual report of bank firms for year of book ending 31 December 2003 and 31 December 2004 publiced in Jakarta Stock Exchange. Method used in analysing data taht is discriminant model. The result of this research indicate that Economic Value Added showed significant differentiation ability healthy and unhealty banks. And also the result showed Economic Value Added played a dominant role and had a positive coefficient in differentiating financial performance with healthy and unhealty banks.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2006/050701140
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 24 Sep 2008 08:48
Last Modified: 24 Sep 2008 08:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102930
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item