Analisa Kepuasan Pendengar Terhadap Kualitas Siaran Radio Kalimaya Bhaskara FM : studi pada Mahasiswa Universitas Brawijaya Malang

AllanGaliano (2007) Analisa Kepuasan Pendengar Terhadap Kualitas Siaran Radio Kalimaya Bhaskara FM : studi pada Mahasiswa Universitas Brawijaya Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Timbulnya usaha di bidang jasa dewasa ini mengakibatkan berkembangnya pasar jasa yang ditandai dengan banyaknya produk-produk jasa yang ditawakan ke pasar. Hal ini berakibat munculnya persaingan yang semakin ketat. Oleh karena itu, perusahaan jasa dituntut untuk mampu menghasilkan produk jasa yang berkualitas guna memenangkan persaingan. Salah satu bentuk bisnis jasa adalah penyiaran radio. Jasa penyiaran radio disamping sebagai media hiburan, juga berfungsi sebagai media informasi dan pendidikan. Kelangsungan usaha ini sangat tergantung pada kemampuannya untuk memberikan materi-materi siaran yang diinginkan oleh para pendengar sebagai konsumennya. Dengan terpenuhinya keinginan mereka diharapkan akan menimbulkan loyalitas atau lebih sering disebut dengan “pendengar setia”. Radio Kalimaya Bhaskara FM adalah salah satu perusahan yang bergerak di bidang jasa tersebut. Dengan adanya persaingan yang semakin ketat , maka Radio Kalimaya Bhaskara FM dituntut untuk dapat memenuhi keinginan dari para pendengarnya. Untuk memenuhi keinginan dai para pendengarnya Radio Kalimaya Bhaskara FM seharusnya mengetahui apa yang menjadi harapan dari pendengar dan bagaiamana pendapat pendengar tentang kinerja perusahaan, yang pada akhirnya dapat digunakan untuk mengetahui kepuasan yang diperoleh pendengar dari kualitas siaran Radio Kalimaya Bhaskara FM. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dimensi kualitas pelayanan yang terdiri dari kehandalan (reliability) , tanggapan (responsiveness) , perhatian (empathy) , jaminan (assurance) dan bukti fisik (tangibles) yang kemudian dijabarkan menjadi beberapa atribut variabel. Metode analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisa Kepentingan-Kinerja ( Important Performance Analysis) . Berdasarkan dari hasil pengolahan data diketahui bahwa para pendengar menganggap penting dimensi kualitas pelayanan yang memiliki bobot berkisar antara 426 sampai dengan 468. Atribut yang dianggap paling penting oleh pendengar adalah pengetahuan, wawasan dan kapasitas penyiar yang memiliki skor sebesar 468. Atribut yang dianggap kurang penting adalah kekuatan frekuensi, sehingga kepuasan dari pendengar/mahasiswa terhadap kualitas siaran Radio Kalimaya Bhaskara paling besar ditentukan oleh pengetahuan, wawasan dan kapasitas penyiar. Tingkat kinerja Radio Kalimaya Bhaskara berdasarkan pada penilaian pendengar atas atribut kualitas siaran berkisar antara 379 sampai dengan 400. Atribut yang pelaksanaannya paling tinggi adalah kekuatan frekuensi. Sedangkan item yang pelaksanaannya paling rendah adalah cara penyampaian informasi, sehingga atribut yang dianggap pelaksanaannya paling baik adalah kekuatan frekuensi. Berdasarkan pada nilai kesesuaian dan kuadran pada diagram kartesius dapat diketahui bahwa item kesediaan dalam menanggapi saran dan kritik merupakan prioritas utama dalam melakukan perbaikan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2006/050602762
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 23 Sep 2008 10:57
Last Modified: 20 Oct 2021 05:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102924
[thumbnail of 050602762.pdf]
Preview
Text
050602762.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item