Pengaruh penganggaran partisipatif terhadap kinerja manajerial dengan struktur organisasi, kultur organisasi dan motivasi sebagai variabel moderating : studi pada perusahaan rokok yang berada di Malang

HeniPrasetyaningtiyas (2006) Pengaruh penganggaran partisipatif terhadap kinerja manajerial dengan struktur organisasi, kultur organisasi dan motivasi sebagai variabel moderating : studi pada perusahaan rokok yang berada di Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pengaruh partisipasi dalam proses penganggaran telah menarik perhatian para peneliti beberapa tahun belakangan ini karena beberapa riset mampu membuktikan bahwa penganggaran partisipatif memiliki pengaruh positif terhadap kinerja manajerial. Penelitian ini bertujuan menguji efektivitas penganggaran partisipatif dalam meningkatkan kinerja manajerial. Penelitian dilakukan terhadap 50 manajer perusahaan rokok yang ada di Kota Malang melalui penyebaran kuesioner. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penganggaran partisipatif memiliki pengaruh langsung terhadap kinerja manajerial. Penelitian ini juga menemukan bahwa pengaruh tingkat partisipasi terhadap kinerja manajerial ternyata dimoderasi oleh kultur organisasi. Penelitian ini gagal membuktikan adanya pengaruh tidak langsung dari motivasi dan struktur organisasi terhadap kinerja manajerial.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2006/050602750
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 23 Sep 2008 09:59
Last Modified: 20 Oct 2021 05:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102922
[thumbnail of 050602750.pdf]
Preview
Text
050602750.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item