Dampak Pelaporan laba Selisih Kurs Terhadap Reaksi Pasar Modal : studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta Tahun 2003-2004

IndahIstriani (2006) Dampak Pelaporan laba Selisih Kurs Terhadap Reaksi Pasar Modal : studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta Tahun 2003-2004. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dari studi ini adalah untuk menguji secara empiris dampak pelaporan laba selisih kurs terhadap reaksi pasar. Hasil dari studi sebelumnya menyatakan bahwa terdapat korelasi antara nilai tukar (kurs) dengan harga saham. Berdasarkan penelitian tersebut, peneliti termotivasi untuk melakukan penelitian ini. Penelitian ini menggunakan Abnormal Return dan Trading Volume Activity sebagai proksi reaksi pasar dan menggunakan 41 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta pada tahun 2003-2004 sebagai sampel. Pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling . Reaksi pasar terhadap pelaporan laba selisih kurs diuji dengan menggunakan metodologi event study . Peneliti melakukan koreksi terhadap beta untuk mengurangi pengaruh bias pada Bursa Efek Jakarta. Koreksi terhadap beta menggunakan metode Fowler and Rorke (1983) dengan empet leads dan empat legs . Metode statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi berganda. Sebelum melakukan analisis regresi berganda, terlebih dulu dilakukan uji asumsi klasik untuk mendapatkan nilai pemerkira yang tidak bias dan efisien atau Best Linear Unbias Estimator (BLUE). Hasil dari penelitian ini mengindikasikan bahwa terdapat reaksi pasar yang signifikan di sekitar tanggal publikasi laporan keuangan yang melaporkan laba selisih kurs oleh perusahaan. Studi ini menunjukkan bahwa pelaporan laba selisih kurs berpengaruh signifikan terhadap reaksi pasar yang diukur dengan Cummulative Abnormal Return . Tetapi tidak terdapat pengaruh yang signifikan dari pelaporan laba selisih kurs terhadap Trading Volume Activity.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2006/050602747
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 23 Sep 2008 09:49
Last Modified: 20 Oct 2021 05:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102921
[thumbnail of 050602747.pdf]
Preview
Text
050602747.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item