Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat produktivitas kerja karyawan : studi kasus pada karyawan bagian produksi Perusahaan Mebel UD. Sri Redjeki - Pasuruan

Novianti, NurRokhmah (2006) Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat produktivitas kerja karyawan : studi kasus pada karyawan bagian produksi Perusahaan Mebel UD. Sri Redjeki - Pasuruan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Globalisasi memacu dunia usaha untuk bersaing. Perusahaan dituntut kemampuannya baik dalam aspek produktivitas, menghasilkan produk dan jasa yang bermutu. Untuk dapat menghadapi tantangan persaingan tersebut diperlukan adanya sumber daya berkualitas. Tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui apakah variabel tingkat upah, pelatihan, tingkat usia, masa kerja serta tunjangan kesehatan mempunyai pengaruh terhadap produktivitas kerja karyawan. Produktivitas tenaga kerja terkandung pengertian tentang perbandingan antara hasil yang dicapai dengan peran serta tenaga kerja persatuan waktu. Seorang tenaga kerja dinilai produktif jika ia mampu menghasilkan output yang lebih banyak dari tenaga kerja lainnya untuk satuan waktu yang sama. Dalam penelitian ini terdapat variabel terikat Y(Produktivitas kerja karyawan), dan variabel bebas, diantaranya: X 1(Pelatihan), X2(Tingkat Usia), X3(Masa Kerja) serta X4(Tunjangan Kesehatan). Sedangkan alat analisis yang digunakan yaitu regresi linear berganda Y = f (X1,X2,X3,X4). Variabel (X1) Pelatihan memiliki thitung (0,308) <ttabel (1,998), artinya variabel Pelatihan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Produktivitas kerja. Variabel (X2) Tingkat Usia memiliki nilai thitung (1,377)<ttabel (1,998), artinya variabel Tingkat Usia tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Produktivitas Kerja. Variabel (X3) Masa Kerja memiliki nilai thitung (2,991)>ttabel (1,998), artinya variabel Masa Kerja berpengaruh secara signifikan terhadap Produktivitas Kerja. Variabel (X4) Tunjangan Kesehatan memiliki nilai thitung (3,452)>ttabel (1,998), artinya variabel Tunjangan Kesehatan berpengaruh secara signifikan terhadap Produktivitas Kerja. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah masa kerja dan tunjangan kesehatan secara signifikan berpengaruh nyata terhadap produktivitas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2006/050602042
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 14 May 2007 00:00
Last Modified: 20 Oct 2021 05:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102915
[thumbnail of Analisis_Faktor_Faktor.pdf]
Preview
Text
Analisis_Faktor_Faktor.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item