Ali, Mushab (2017) Budaya Sneaker Sebagai Masyarakat Konsumen yang Digambarkan Dalam Film Just For Kicks. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Film berjudul Just For Kicks menunjukan bahwa beberapa orang mengonsumsi sneaker secara berlebihan. Mereka mengonsumsi sneaker bukan untuk fungsi sesungguhnya, yaitu sebagai pelindung untuk alas kaki. Hal ini dikarenakan oleh beberapa faktor yang menunjukan bahwa konsumerisme itu terdapat di dalam budaya sneaker seperti yang ditunjukan pada film Just For Kicks. Penelitian ini fokus kepada „sneakerhead‟ (penggila sneaker) yang termasuk masyarakat konsumen. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan mengaplikasikan teori konsumerisme dan masyarakat konsumen oleh Jean Baudrillard Baudrillard menjelaskan bahwa konsumerisme adalah mengonsumsi segala hal sebagai sebuah keinginan ke produk apapun untuk menghapus kegunaan dan menjadikannya sebagai sistem indikasi daripada sebagai kebutuhan. Masyarakat konsumen terbentuk karena perubahan dari kebutuhan hidup menjadi gaya hidup. Kepopuleran sneaker akan tetap hidup selama konsumen mengonsumsinya; dengan melakukan ini, budaya sneaker telah menciptakan berbagai fenomena secara langsung maupun tidak langsung, termasuk masyarakat konsumen dan industri kapitalis. Hasil dari penelitian in dibagi menjadi tiga temuan, pertama adalah sneaker sebagai identitas seseorang, kedua sneaker menjadi dunia bagi para sneakerhead, dan yang terakhir adalah sneaker menandakan identitas sebagai fans: hip-hop dan basket. Dari tiga temuan ini, dapan disimpulkan bahwa sneaker memiliki peran besar dalam membentuk identitas seseorang dan ini adalah alasan utama para „sneakerhead‟ menjadi masyarakat konsumen. Perubahan nilai dari produk sebagai kebutuhan menjadi gaya hidup, ke budaya, ke masyarakat konsumen. Masyarakat konsumen terjadi karena perubahan nilai dari produk sebagai kebutuhan menjadi gaya hidup.
English Abstract
Movie entitled Just For Kicks shows that people who belong in the sneaker culture consume sneakers in excess. They consume sneakers not for their original purpose, which is as a protective cover for the foot; but it is because there are several factors which show that the sneaker culture as consumer society is shown in the movie Just For Kicks. This study focuses on the sneakerhead (a persons who is part of sneaker culture) who belongs to consumer society. This study is a qualitative method and applies theory of consumerism and consumer society by Jean Baudrillard. Baudrillard explains that consumerism is consumption as a desire to any products to remove usefulness and refer to it as an indication system rather than the needs. Consumer society is created due to the change of necessity of life into lifestyle, and the condition of market that is very seductive. The popularity of sneaker lives as long as the consumers consume it; by doing so, the sneaker culture creates variety of phenomena both directly and indirectly, including consumerism society and capitalist industry. The result of the analysis are divided into three findings, first is sneakers as a person‟s identity, second is sneakers become the sneakerheads‟ world, and the third is sneakers mark identity as fans: hip-hop and basketball. From the three findings, it can be concluded that sneaker plays a big part in creating the identity of a person and this is the main reason why the sneakerheads become the consumer society.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FBS/2017/75/051700877 |
Subjects: | 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris |
Depositing User: | Sugiantoro |
Date Deposited: | 14 Feb 2017 09:33 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 02:27 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102877 |
Preview |
Text
1._Front_Page.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
0._Cover.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
3._List_of_Figures.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
4._List_of_Appendix.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
5._Chapter_1.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
2._Table_of_Contents.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
6._Chapter_2.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
9._References.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
7._Chapter_3.pdf Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text
8._Chapter_4.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
10._Berita_Acara_Bimbingan_Skripsi.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |