Kemampuan Morfosintaksis Mahasiswa Program Studi Bahasa dan Sastra Prancis Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya Angkatan 2014 dalam Menggunakan Kalimat Pasif Aktif Berbahasa Prancis.

Pratiwi, GadisNuringAdi (2017) Kemampuan Morfosintaksis Mahasiswa Program Studi Bahasa dan Sastra Prancis Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya Angkatan 2014 dalam Menggunakan Kalimat Pasif Aktif Berbahasa Prancis. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu mata kuliah dalam Program Studi Bahasa dan Sastra Prancis adalah mata kuliah Tata Bahasa yang didalamnya terdapat pembelajaran mengenai aturan morfosintaksis Bahasa Prancis. Salah satu materi yang dipelajari dalam mata kuliah ini adalah aturan morfosintaksis kalimat pasif-aktif Bahasa Prancis yang diberikan pada mahasiswa semester IV. Saat ini, mahasiswa angkatan tahun 2014 program studi tersebut tengah menempuh semester V. Seharusnya, mahasiswa angkatan 2014 sudah menguasai mengenai aturan morfosintaksis kalimat pasif-aktif Bahasa Prancis. Akan tetapi, masih banyak mahasiswa yang melakukan kesalahan morfosintaksis dalam menggunakan kalimat pasif-aktif Bahasa Prancis. Hal ini dapat didasari oleh beberapa faktor misalnya pengaruh dari bahasa ibu, perbedaan struktur bahasa dan sebagainya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan morfosintaksis mahasiswa program studi tersebut dalam menggunakan kalimat pasif-aktif Bahasa Prancis dan faktor yang menjadi penyebab terjadinya kesalahan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Untuk mendapatkan data, peneliti melakukan dua macam tes, yaitu : (1) tes tulis, (2) tes wawancara. Dalam melakukan analisis data, penulis akan menggunakan teori Taksonomi Analisis Kesalahan Berbahasa untuk mengolah hasil tes tulis. Berdasarkan teori tersebut maka dapat diketahui gambaran kemampuan morfosintaksis mahasiswa dalam menggunakan kalimat pasif-aktif Bahasa Prancis dari kesalahan-kesalahan yang dilakukan dalam tes tulis. Sedangkan, hasil tes wawancara peneliti gunakan untuk mengetahui faktor-faktor yang melatarbelakangi terjadinya kesalahan. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan temuan bahwa kesalahan yang paling dominan dilakukan mahasiswa adalah penggunaan kata kerja/verba dan komponen kalimat lain. Sedangkan faktor yang mendasari kesalahan adalah perbedaan struktur bahasa, penguasaan kosa kata dan metode pengajaran. Berdasarkan temuan tersebut diharapkan dapat membantu meningkatkan kemampuan morfosintaksis mahasiswa dalam menggunakan kalimat pasif-aktif Bahasa Prancis. Peneliti berharap penelitian ini dapat dikembangkan agar dapat ditemukan solusi untuk meningkatkan kemampuan morfosintaksis pembelajar bahasa asing, khususnya Bahasa Prancis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2017/150/051701039
Subjects: 400 Language > 440 French and related Romance languages
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Perancis
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 27 Feb 2017 09:38
Last Modified: 19 Oct 2021 06:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102789
[thumbnail of Gadis_Nuring_Adi_Pratiwi_.pdf] Text
Gadis_Nuring_Adi_Pratiwi_.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (40kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (14kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (3kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_small] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (1kB)

Actions (login required)

View Item View Item