Pengaruh Lagu Berbahasa Prancis Terhadap Tingkat Penguasaan Kosa Kata Pembelajar Bahasa Prancis A1 Berdasarkan Gaya Belajar

Maks, Haydar (2017) Pengaruh Lagu Berbahasa Prancis Terhadap Tingkat Penguasaan Kosa Kata Pembelajar Bahasa Prancis A1 Berdasarkan Gaya Belajar. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Berdasarkan hasil observasi pada kegiatan pembelajaran mata kuliah Bahasa Prancis Dasar I, salah satu kendala yang dihadapi pada saat belajar bahasa Prancis adalah mengenai kurangnya penguasaan kosa kata. Selain itu, diketahui pula bahwa salah satu faktor penyebab kurang tercapainya target pembelajaran adalah kurangnya penggunaan media pembelajaran bahasa Prancis. Dari pandangan tersebut, peneliti melakukan penelitian akan pengaruh lagu berbahasa Prancis terhadap tingkat penguasaan kosa kata pembelajar bahasa Prancis A1. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) mengetahui apakah lagu berbahasa Prancis dapat berpengaruh pada tingkat penguasaan kosa kata bahasa Prancis pembelajar bahasa Prancis A1 yang mengikuti mata kuliah Bahasa Prancis Dasar I dengan gaya belajar yang berbeda-beda dan (2) mengidentifikasi cara lagu berbahasa Prancis mempengaruhi tingkat penguasaan kosa kata bahasa Prancis pembelajar bahasa Prancis A1 yang mengikuti mata kuliah Bahasa Prancis Dasar I dengan gaya belajar yang berbeda-beda. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian campuran, yang terbagi ke dalam dua fase, yaitu adalah fase kuantitatif dan fase kualitatif. Sebelum pelaksanaan penelitian, penulis telah melaksanakan Prior Project dengan tujuan untuk pemetaan masalah yang melatarbelakangi penelitian dan untuk digunakan sebagai dasar penetapan sampel penelitian ini. Fase kuantitatif digunakan untuk menjawab beberapa hipotesis untuk mencapai tujuan penelitian pertama dengan pendekatan eksperimen dan fase kualitatif digunakan untuk mencapai tujuan penelitian kedua dengan pendekatan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian ini, ditemukan adanya pengaruh berupa peningkatan yang diberikan lagu berbahasa Prancis terhadap tingkat penguasaan kosa kata pembelajar bahasa Prancis A1 yang mengikuti mata kuliah Bahasa Prancis Dasar I dengan gaya belajar yang berbeda-beda. Penelitian ini berhasil mengungkapkan cara lagu berbahasa Prancis diberikan untuk membantu kegiatan pembelajaran, yaitu: (a) dengan menyertakan lirik lagu yang bersangkutan dan menggunakan media pelengkap seperti media audio visual dan (b) dengan mendengarkan lagu berbahasa Prancis tersebut secara berulang-ulang dan melibatkan pembelajar untuk ikut bernyanyi lagu yang bersangkutan. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan kepada mahasiswa dan pengajar bahasa Prancis untuk mengetahui gaya belajar dari pembelajar dalam kelas untuk kemudian membantu dalam variasi penggunaan media pembelajaran salah satunya adalah lagu berbahasa Prancis dengan tujuannya untuk mencapai tujuan pembelajaran secara optimal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2017/139/051701028
Subjects: 400 Language > 440 French and related Romance languages
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Perancis
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 17 Feb 2017 15:50
Last Modified: 17 Feb 2017 15:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102776
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item