Promosi Pariwisata Dan Kebudayaan Lokal Oleh Dinas Pariwisata Kota Denpasar Melalui Event Marketing Sanur Village Festival

Rahmawati, Endang (2017) Promosi Pariwisata Dan Kebudayaan Lokal Oleh Dinas Pariwisata Kota Denpasar Melalui Event Marketing Sanur Village Festival. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Event marketing merupakan kegiatan publisitas yang mengacu pada pengadaan kegiatan organisasional yang sifatnya mendukung promosi (Hermawan, 2012). Pariwisata merupakan salah satu sektor penting yang menjadi sumber pendapatan suatu daerah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan promosi event marketing Sanur Village Festival sebagai upaya untuk memasarkan kepariwisataan dan kebudayaan lokal Kota Denpasar Bali. Penggunaan model komunikasi SMCR (sorce, message, channel, receiver) David K. Berlo dalam penelitian ini digunakan untuk menganalisis masalah karena menekankan komunikasi sebagai suatu proses. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Informan yang dipilih secara purposive sampling adalah pegawai Dinas Pariwisata Kota Denpasar, stakeholder, serta masyarakat. Lokasi penelitian ini terletak di Kota Denpasar Bali dan desa Sanur. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman (1992) dengan cara reduksi data, penyajian data, dan verivikasi. Keabsahan data dengan triangulasi. Hasil dari penelitian ini adalah adanya proses promosi pra-event, event, pasca-event serta adanya event marketing process yang terstruktur dengan rapi dalam upaya memasarkan kebudayaan lokal dan pariwisata Kota Denpasar.

English Abstract

Event marketing is a publicity activities which is refers to the organizational activities that are supporting the promotion (Hermawan, 2012). Tourism is the one important sector as the source of income in a region. The arm of this research to Describe The Event Marketing Promotion Of Sanur Village Festival As Marketing Effort Of Tourism And Local Culture Denpasar City Bali. The usage of communication models David K. Berlo SMCR (source, message, channel, receiver) on this research used to analyze problem because it emphasizes communication as a process. The types of this study qualitative research with collecting data techniques with in depth interviews, observation, and documentation. The informant in select is a employees of tourism official Denpasar city, stakeholder and the society. This study research is located in Denpasar City and Sanur Village. Technique analysis data is use interaktif models by Miles and Huberman (1992) by data reduction, data presentation, and verivication. Validity data by triangulation. The result of this research is a promotion process pra-event, on event, pasca-event and there is event marketing process that is structured neatly in an effort to marketing local culture and tourism Denpasar city.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2017/547/051706106
Uncontrolled Keywords: Promosi Pariwisata, Event marketing, SMCR (source, message, channel, receiver)
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication > 302.22 Kinds of communication > 302.222 Nonverbal communication
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 04 Aug 2017 03:47
Last Modified: 05 Dec 2020 06:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/1027
[thumbnail of Endang Rahmawati.pdf]
Preview
Text
Endang Rahmawati.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item