Cerminan Manzai Dalam Komik Sket Dance Vol. 1-5 Karya Shinohara Kenta

Sigmalizar, Radea (2017) Cerminan Manzai Dalam Komik Sket Dance Vol. 1-5 Karya Shinohara Kenta. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam penelitian ini, penulis mengangkat penelitian mengenai manzai yang ada pada komik Sket Dance vol.1-5 karya Shinohara Kenta. Manzai merupakan salah satu komedi Jepang yang terkenal. Peran manzai terdiri dari dua peran, yaitu tsukkomi dan boke. Secara harafiah, tsukkomi memiliki arti si waras yang bertugas menyanggah. Sedangkan boke merupakan si bodoh yang memiliki peran memancing tawa dan melakukan hal-hal yang lucu. Latar belakang dari penelitian ini adalah karena komedi Jepang merupakan salah satu pembelajaran yang penting bagi sastra Jepang. Selain itu, minimnya penelitian mengenai komedi Jepang membuat penulis ingin meneliti mengenai hal tersebut, terutama peran tsukkomi dan boke dalam komedi manzai. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan deskriptif analisis, dengan metode penelitian sastra sebagai cermin masyarakat dalam sosiologi sastra. Manzai dalam komik Sket Dace dapat dikatakan cerminan dari komedi manzai di Jepang, karena peran tsukkomi dan boke dalam komik Sket Dance tetap melakukan perannya seperti pada tsukkomi dan boke dalam komedi manzai. Hasil dari penelitian ini adalah peran tsukkomi dan boke yang terdapat pada tokoh-tokoh dalam komik Sket Dance karya Shinohara Kenta meliputi: ittouryoudan, zenryoku tsukkomi, tatoe tsukkomi, riakushon, setsumei tsukkomi, nori tsukkomi, kotoba asobi, jigyaku boke, kire boke, shitsurei boke, riaru boke, kao boke, sukashi boke, oogesa boke, uragiri boke, dan taimingu boke.

English Abstract

本研究では、漫画「SKET DANCE」1―5 巻篠原健太における漫才につ いて研究する。漫才は一つの種類の有名な日本のコメディーである。漫才は 二つの役割があって、すなわちツッコミとボケである。文字通りに、ツッコ ミは反論した正気な人という役割の意味である。そして、ボケは笑いを作る 愚か者な人の役割という意味である。 本研究の背景は、日本のコメディーは日本語学科に重要な教訓と考え られる。また、日本のコメディーについての研究が少なくて、特に漫才にの ツッコミとボケの役割を研究したいと思われる。 本研究では、記述的分析手法と文学者の社会学の方法を使われる。漫 画「SKET DANCE」1―5 巻における漫才を研究するために、著者の社会文化 的背景を研究する。 研究の結果として、篠原健太による漫画「SKET DANCE」のキャラク ターにおけるツッコミとボケの役割である。スケット団スにのツッコミとボ ケの役割はツッコミとボケにの漫才のコメディーの役割を実行するから、ス ケット団スにのツッコミとボケの役割は漫才の反射とみなすことができる。 その「SKET DANCE」漫画におけるツッコミとボケの役割は一刀両断、全力 ツッコミ、例えツッコミ、リアクション、説明ツッコミ、ノリツッコミ、言 葉遊び、自虐ボケ、キレボケ、失礼ボケ、リアルボケ、顔ボケ、スカシボケ、 大げさボケ、裏切りボケ、タイミングボケ。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2016/776/051700574
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 24 Jan 2017 13:51
Last Modified: 19 Oct 2021 03:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102696
[thumbnail of Radea_Sigmalizar_[125110205111002].pdf]
Preview
Text
Radea_Sigmalizar_[125110205111002].pdf

Download (10MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item