Morfofonemik Ajektiva Bahasa Jepang Dalam Otome Game Norn9 : Norn+Nonette Produksi Idea Factory Dan Otomate

Wardani, WahyuCahyaningrumKusuma (2017) Morfofonemik Ajektiva Bahasa Jepang Dalam Otome Game Norn9 : Norn+Nonette Produksi Idea Factory Dan Otomate. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perubahan pengucapan kata sifat dalam bahasa Jepang dapat terjadi karena adanya proses morfofonemik, yang merupakan gabungan antara morfologi dan fonologi. Penelitian ini menggunakan teori dari Suzuki dan Koizumi dalam meneliti jenis-jenis proses morfofonemik yang terjadi pada ajektiva bahasa Jepang, dan juga teori dari Sudjianto dan Dahidi untuk meneliti jenis-jenis dari ajektiva bahasa Jepang yang mengalami proses morfofonemik. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data yang dianalisis merupakan penggalan dialog dari otome game Norn9:Norn+Nonette yang terdapat proses morfofonemik ajektiva bahasa Jepang. Analisis yang dilakukan adalah dengan menganalisis data temuan berdasarkan jenis proses morfofonemik, mengelompokkan data berdasarkan jenis-jenis ajektiva bahasa Jepang, dan menganalisi kaitan antara ajektiva dengan proses morfofonemik. Pada hasil penelitian, ditemukan 2 data proses morfofonemik penyingkatan fonem, 3 data perubahan fonem, 2 data penambahan fonem, 29 data peleburan fonem, dan 29 data pelesapan atau pengguguran fonem. Sedangkan berdasarkan jenis ajektivanya,ditemukan 45 ajektiva ‘i’ yang mengalami proses morfofonemik, dan 8 ajektiva ‘na’ yang mengalami proses morfofonemik. Pada penelitian selanjutnya, diharapkan dilakukan penelitian tentang proses morfofonemik yang terjadi pada kata kerja bahasa Jepang dalam ragam lisan maupun tulisan dengan menggunakan teori yang sama ataupun teori yang berbeda.

English Abstract

日本語では、形容詞の発音の変化は形態音素過程のため、起こることが できる。形態音素は形態と音韻論を組み合わせた言語学である。 本研究では、スズキと小泉の理論が使われて、日本語の形容詞に起こっ た形態音素過程の種類を分析した。そして、形態音素過程をもらった日本 語の形容詞を分析するため、Sudjianto とDahidi の理論が使用された。 本研究で、用いた方法は記述定性の方法である。分析されたデータは、 形態音素過程があるNORN9 ノルン+ノネットの乙女ゲームの対話の断片で ある。分析方法は、形態音素過程の種類によって、見つけたデータを分析 し、日本語の形容詞の種類によって、データをグループに分け、形態音素 過程と日本語の形容詞の関係を分析した。 本研究の結果は以下の通りである。 日本語の形態音素過程の種類によって、音韻縮約のデータが2つ、音韻交 替のデータが3つ、音韻添加のデータが2つ、音韻融合のデータが29、 そして音韻脱落のデータが29ある。日本語の形容詞の種類によって、形 態音素過程をもらった「い」形容詞が45、形態音素過程をもらった「な」 形容詞が8つある。 また研究したい方々へ、同じ理論であっても、別の理論であっても構わ ずに、話し言葉や書き言葉における形態音素過程をもらった日本語の動詞 がおすすめである。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2016/775/051700573
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 24 Jan 2017 14:06
Last Modified: 19 Oct 2021 02:59
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102695
[thumbnail of LEMBAR_PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Artikel_Ilmiah_MORFOFONEMIK_AJEKTIVA_BAHASA_JEPANG_.pdf]
Preview
Text
Artikel_Ilmiah_MORFOFONEMIK_AJEKTIVA_BAHASA_JEPANG_.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Skripsi_Morfofonemik_Ajektiva_Bahasa_Jepang_Dalam_Otome_Game.pdf]
Preview
Text
Skripsi_Morfofonemik_Ajektiva_Bahasa_Jepang_Dalam_Otome_Game.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item