Verba Penyerta Pada Ragam Modalitas Dalam Film Hauru No Ugoku Shiro Karya Hayao Miyazakim

Aziz, Fauzan (2016) Verba Penyerta Pada Ragam Modalitas Dalam Film Hauru No Ugoku Shiro Karya Hayao Miyazakim. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Modalitas adalah ilmu yang mempelajari tentang keterangan dalam kalimat yang menyatakan sikap pembicara terhadap hal yang dibicarakan, yaitu mengenai perbuatan, keadaan, peristiwa, atau sikap terhadap lawan bicaranya. Modalitas pada umumnya selalu diikuti dengan verba sebagai penjelas dari bentuk modalitas yang digunakan, sedangkan verba itu sendiri memiliki arti sebagai keterangan perbuatan dan tindakan yang dilakukan oleh pembicara atau biasa disebut dengan kata kerja. Pada penelitian ini terdapat dua rumusan masalah yaitu sebagai berikut, (1) Apa jenis modalitas yang terdapat dalam film Hauru no Ugoku shiro?, (2) Apa jenis verba penyerta pada modalitas dalam film Hauru no Ugoku Shiro?. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah film Hauru No. Ugoku Shiro Karya Hayao Miyazaki. Hasil dari penelitian ini ditemukan 11 bentuk modalitas yang disertai dengan verba dan 3 bentuk verba penyerta pada modalitas. Dengan demikian penulis menyarankan pada penelitian selanjutnya meneliti modalitas setsumei dan verba penyertanya atau lebih memfokuskan pada salah satu bentuk dari modalitas dan menganalisis maknanya dan bentuk verbanya seperti misalnya makna modalitas hazu dan bentuk verba penyertanya. Selain itu untuk penelitian selanjutnya bisa menggunakan bahan berbentuk tulisan berupa novel atau komik.

English Abstract

-

Other obstract

モダリティは、文章中の行動、状況、出来事、会話等の情報に対する話し 手の態度や判断、感情を示す表現方法である。 動詞自体が行為や行動の説明としての意味を持つ一方で、一般的にモダリ ティは、常に動詞を伴い、その意味内容を示す役割を担う。本研究は、以下 に示す2つの問題を明らかにしようとするものである。映画「ハウルの動く 城」に含まれるモダリティは(1)どのようなものがあるか(2)どのよう な動詞を伴って使用されているか。 本研究で用いた方法は、記述定性的な方法で、使用したデータは、宮崎駿 監督の映画「ハウルの動く城」である。研究の結果、映画内において11種 類のモダリティと、3種類のモダリティを伴う動詞が見られた。 今後の研究として、著者は、説明の役割を持つモダリティにおいて使用さ れる動詞に焦点を当て、その種類を明らかにすることを提案したい。また、 本研究はアニメ映画の分析を行ったが、研究対象として小説や漫画を用いる こともできるであろう

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2016/763/051700188
Uncontrolled Keywords: Modalitas dan verba.
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 20 Jan 2017 14:16
Last Modified: 30 Nov 2021 06:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102682
[thumbnail of Skripsi_Fauzan_Aziz_125110200111075.pdf]
Preview
Text
Skripsi_Fauzan_Aziz_125110200111075.pdf

Download (12MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item