Hubungan dan Konflik Sosial Antara Pihak Kolonial dan Pihak Pribumi pada Masa Perang Dunia Ke dua dalam Film “Indigènes”.

Wibowo, Lazuardi (2016) Hubungan dan Konflik Sosial Antara Pihak Kolonial dan Pihak Pribumi pada Masa Perang Dunia Ke dua dalam Film “Indigènes”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Manusia merupakan makhluk sosial. Manusia akan sulit bahkan tidak akan bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Setiap interaksi antar kedua individu atau kelompok menghasilkan hubungan sosial yang terkadang menghasilkan konflik sosial. Konflik sosial disini terjadi pada saat dua pihak dalam hubungan sosial tersebut berbeda pendapat atau hubungan sosial tersebut menguntungkan pihak satu dan merugikan pihak lainnya. Oleh karena itu, penulis melakukan penelitian pada film “Indigènes” untuk mengetahui bagaimana hubungan sosial antara masyarakat Maghreb sebagai penduduk pribumi (indigènes) yang terjajah dan masyarakat Prancis sebagai penjajah serta apa saja konflik sosial yang terjadi akibat dari hubungan sosial kedua belah pihak tersebut pada masa perang dunia kedua. Film ini antara lain menceritakan hubungan sosial dan konflik sosial yang terjadi antara masyarakat Prancis sebagai pihak penjajah dan masyarakat Maghreb sebagai pihak terjajah pada masa perang dunia kedua. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah deskriptif analisis dengan menggunakan pendekatan sosiologis. Analisis terhadap hubungan sosial dan konflik sosial yang terjadi dalam film ini dianalisis dengan menggunakan Teori Poskolonial Albert Memmi dan Teori Tindakan Sosial Max Weber. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini menunjukkan bahwa banyak hubungan sosial antara pihak penjajah dan pihak terjajah yang terjadi dalam film “Indigènes” ini menghasilkan konflik sosial. Namun terdapat pula hubungan sosial dalam film ini yang tidak menghasilkan konflik sosial. Hal ini terjadi jika antara kedua belah pihak dalam hubungan sosial tersebut memiliki hubungan kekerabatan, tujuan dan cita-cita yang sama, serta hubungan sosial tersebut menguntungkan kedua belah pihak. Penulis menyarankan pada peneliti berikutnya yang menggunakan film “Indigènes” sebagai objek kajian untuk menerapakan pendekatan lain, misalkan pendekatan psikologis untuk meneliti keadaan psikologis masyarakat Prancis dan masyarakat Maghreb pada masa perang dunia kedua.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2016/692/051608834
Subjects: 400 Language > 440 French and related Romance languages
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Perancis
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 13 Sep 2016 13:51
Last Modified: 18 Oct 2021 08:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102609
[thumbnail of Skripsi_Lazuardi.W_0911130005.pdf] Text
Skripsi_Lazuardi.W_0911130005.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (40kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (14kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (3kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_small] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (1kB)

Actions (login required)

View Item View Item