Karakteristik Homeless Di Jepang Pada Tokoh Hiroshi Tamura Dalam Film Homeresu Chuugakusei Karya Sutradara Tomoyuki Furumaya

Adytio, Anjar (2016) Karakteristik Homeless Di Jepang Pada Tokoh Hiroshi Tamura Dalam Film Homeresu Chuugakusei Karya Sutradara Tomoyuki Furumaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pecahnya economic bubble (gelembung ekonomi) menjadikan Jepang memasuki masa krisis ekonomi berkepanjangan. Ditambah lagi dengan jatuhnya bursa saham Tokyo pada 1990-2000-an. Sebagai akibatnya muncul masalah sosial, salah satunya homeless. Homeless adalah orang yang tidak mempunyai rumah. Karya sastra film yang di dalamnya terdapat karakteristik homeless adalah film yang berjudul homuresu chugakusei. Penelitian terhadap film ini memiliki rumusan masalah, yaitu ‘bagaimana karakteristik homeless di Jepang pada tokoh Hiroshi Tamura dalam film Homeresu Chuugakusei karya sutradara Tomoyuki Furumaya?’. Dalam penelitian ini, penulis memfokuskan untuk menganalisis karakteristik homeless pada tokoh Hiroshi Tamura dengan menggunakan pendekatan sosiologi sastra. Pendekatan tersebut digunakan untuk mengetahui masalah-masalah sosial dari masyarakat yang terkandung di dalam karya sastra itu sendiri. Selain itu, penulis juga menggunakan konsep homeless dan mise-en-scene sebagai teori pendukung untuk membantu menganalisis adegan dan dialog dalam film Homuresu Chuugakusei. Setelah melakukan analisis pada film Homuresu Chuugakusei, disimpulkan bahwa pada tokoh Hiroshi Tamura terdapat karakteristik homeless, seperti tinggal di tempat umum, pakaian yang layak, rentang usia homeless, tidak meminta-minta serta dianggap sebagai sesuatu yang menggangu.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2016/492/051607801
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 08 Sep 2016 14:21
Last Modified: 20 Oct 2021 08:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102389
[thumbnail of KARAKTERISTIK_HOMELESS_DI_JEPANG_PADA_TOKOH_HIROSHI_TAMURA_DALAM_FILM_HOMURESU_CHUUGAKUSEI_KARYA_.pdf]
Preview
Text
KARAKTERISTIK_HOMELESS_DI_JEPANG_PADA_TOKOH_HIROSHI_TAMURA_DALAM_FILM_HOMURESU_CHUUGAKUSEI_KARYA_.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item