Pemaknaan Kanji Bertema Orang Ditandai dengan Penggunaan Bushu Ninben dalam Buku Kanji Pictographix Melalui Semiotika Roland Barthes.

Attayibah, Muderikah (2016) Pemaknaan Kanji Bertema Orang Ditandai dengan Penggunaan Bushu Ninben dalam Buku Kanji Pictographix Melalui Semiotika Roland Barthes. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Jepang memiliki hurufnya sendiri, antara lain adalah kanji. Kanji memiliki beberapa unsur di dalamnya, salah satunya bushu. Bushu adalah sebuah istilah yang berkenaan dengan bagian pada sebuah kanji, dan menurut letaknya bushu memiliki beberapa jenis yang salah satunya adalah hen. Dalam hen masih dibagi beberapa jenis lagi menurut bentuknya antara lain bushu Ninben. Kanji dapat menjadi sebuah tanda karena kanji memiliki makna dan dapat dimaknai. Salah satu kajian yang membahas mengenai makna tanda adalah semiotika. Semiotika merupakan kajian yang kaitannya dengan makna tanda, salah satu tokoh yang terkenal adalah Roland Barthes dengan salah satu teorinya mengenai lima kode pembacaan. Dalam penelitian ini penulis akan membahas mengenai pemaknaan kanji bertema orang yang ditandai dengan penggunaan bushu ninben melalui kajian Roland Barthes. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang berbentuk analisis dokumen. Sumber data yang digunakan adalah kanji dengan bushu Ninben dalam buku Kanji Pictographix. Analisis digunakan untuk mengetahui pemaknaan dengan lima kode pembacaan Roland Barthes. Dari hasil penelitian ini diketahui 12 kanji bertema orang yang berbushu Ninben dapat dibaca dengan tiga dari lima kode, yaitu kode hermeneutik, proairetik, dan simbolik. Lima kanji dari 12 kanji dapat dibaca dengan empat kode yaitu hermeneutik, proairetik, simbolik, dan kultural. Ke 12 kanji bertema orang yang ditandai dengan bushu Ninben tidak dapat dibaca dengan kode semik dikarenakan tidak adanya bagian dalam kanji yang memiliki makna konotasi. Selain itu, dari ke 12 kanji yang dianalisis, hanya kanji kanji 仙 dan 供yang pemaknaannya tidak berubah atau tetap seperti arti atau makna aslinya, sedangkan 10 lainnya muncul makna baru. Masih sedikit penelitian semiotika yang membahas mengenai pemaknaan, khususnya pemaknaan pada kanji.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2016/488/051607797
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 14 Sep 2016 11:28
Last Modified: 20 Oct 2021 08:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102384
[thumbnail of Skripsi_Muderikah_Attayibah,_NIM_125110200111007.pdf]
Preview
Text
Skripsi_Muderikah_Attayibah,_NIM_125110200111007.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item