Deiksis Ruang Dalam Serial Anime Ano Hi Mita Hana no Namae o Boku-tachi wa Mada Shiranai (Ano Hana) Karya Sutradara Tatsuyuki Nagai.

Penggalih, RestuAnggun (2016) Deiksis Ruang Dalam Serial Anime Ano Hi Mita Hana no Namae o Boku-tachi wa Mada Shiranai (Ano Hana) Karya Sutradara Tatsuyuki Nagai. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam kehidupan sosial manusia, bahasa tidak mungkin bisa terlepas dari bahasa, karena bahasa sangat dibutuhkan oleh manusia agar manusia bisa dengan leluasa dapat menyampaikan serta menemukan kebutuhan mereka dengan cara berkomunikasi antar sesama. Penggunaan bahasa dipengaruhi oleh segala aturan, aturan tersebut disebut dengan istilah pragmatik. Dalam penelitian ini penulis akan membahas salah satu bidang kajian pragmatik yaitu deiksis dan fokus pada deiksis ruang beserta referensinya dengan mengangkat dua rumusan masalah untuk dijawab, yaitu (1) Apa saja bentuk deiksis ruang dalam anime Ano Hi Mita Hana no Namae o Boku-tachi wa Mada Shiranai (Ano Hana)? (2) Bagaimana acuan deiksis ruang berdasar referensi dalam anime Ano Hi Mita Hana no Namae o Bokutac iwa Mada Shiranai (Ano Hana)? Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah deiksis ruang dalam serial anime Ano Hi Mita Hana no Namae o Boku-tachi wa Mada Shiranai (Ano Hana) Karya Sutradara Tatsuyuki Nagai yang berjumlah 11 episode. Analisis yang digunakan adalah dengan menyimak, mengklasifikasikan deiksis ruang menjadi empat bentuk, dan mendeskripsikannya. Dari hasil analisis yang telah dilakukan, dalam penelitian ini, ditemukan 4 klasifikasi deiksis, yaitu deiksis penunjuk, deiksis tempat, deiksis keadaan, dan deiksis arah. Sebanyak 76 data dengan deiksis ruang yang terdiri dari 16 deiksis penunjuk, 41 deiksis tempat, 2 deiksis keadaan, dan 17 deiksis arah. Deiksis ruang yang ditemukan tersebut mengandung referensi eksofora sebanyak 65 dan 1 referensi anafora, serta tidak ditemukannya kata yang memiliki refrensi katafora sehingga total seluruh temuan refrensi sebanyak 66.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2016/462/051607771
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 14 Sep 2016 11:04
Last Modified: 20 Oct 2021 07:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102356
[thumbnail of 0-SKRIPSI_FULL.pdf]
Preview
Text
0-SKRIPSI_FULL.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item