Analisis Modul Dokkai Dai 4 (Membaca Iv) Pada Pogram Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Brawijaya Tahun 2014

Yuliana, Ulfa (2016) Analisis Modul Dokkai Dai 4 (Membaca Iv) Pada Pogram Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Brawijaya Tahun 2014. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bahan ajar merupakan salah satu aspek penting dalam proses pembelajaran. Bahan ajar yang paling umum digunakan adalah modul. Modul digunakan untuk membantu peserta didik belajar secara mandiri dan mewujudkan proses pembelajaran yang berkualitas. Pentingnya penggunaan modul menjadikan guru harus cermat dalam memilih modul yang digunakan. Pemilihan modul yang baik akan mempermudah jalannya pembelajaran, tercapainya tujuan pembelajaran, dan tercapainya hasil belajar yang optimal. Pemilihan bahan ajar yang baik menurut BSNP terdapat 4 kriteria penilaian, yaitu: isi, penyajian, bahasa, dan kegrafikan. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan isi modul Dokkai Dai 4 (Membaca IV) program studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Brawijaya menurut kriteria kelayakan isi dan kesesuaian materi pada modul dengan tujuan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Modul Dokkai DAi 4 (Membaca IV) yang digunakan pada program studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Brawijaya sebagai sumber data. Analisis dilakukan dengan menganalisis bahan ajar (modul), menganalisis kelayakan isi modul, dan menganalisis kesesuaian materi modul dengan tujuan pembelajaran Dokkai Dai 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul Dokkai Dai 4 (Membaca IV) layak untuk dijadikan bahan ajar dengan presentase kelayakan 82,4%. Setiap indikator penilaian memiliki presentase 83% untuk kesesuaian materi dengan KI dan KD, 82% untuk keakuratan materi, 84% untuk keberdayagunaan materi, dan 80% untuk menumbuhkan minat. Dari 16 bab dengan 14 tujuan pembelajaran, materi pembelajaran dalam 14 bab sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran. Sedangkan 2 bab lainnya kurang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Terdapat 1 tujuan pembelajaran yang tidak terdapat materi pembelajarannya dalam modul. Kurang sesuainya dengan tujuan pembelajaran dan tidak terdapatnya materi dalam modul dikarenakan modul Dokkai Dai 4 (Membaca IV) dijadikan sebagai bahan ajar pendamping untuk buku Chuukyuu e no Ikou dan Chuukyuu e no Manabou.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2016/424/051607647
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 08 Sep 2016 15:22
Last Modified: 20 Oct 2021 06:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102315
[thumbnail of skripsi_pdf_ulfa_yuliana.pdf]
Preview
Text
skripsi_pdf_ulfa_yuliana.pdf

Download (14MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item