Empati Remaja Tokoh Suzuki Daichi dalam Drama Risou No Musuko Karya Sutradara Sakuma Noriyoshi, Satoru Nakajima, dan Mori Masashiro.

Arlini, YeniaWahyu (2016) Empati Remaja Tokoh Suzuki Daichi dalam Drama Risou No Musuko Karya Sutradara Sakuma Noriyoshi, Satoru Nakajima, dan Mori Masashiro. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini menggunakan drama Risou No Musuko. Menceritakan kisah seorang remaja putra SMA yang tinggal hanya dengan ibunya. Berawal dari hidup dengan sosok seorang ibu, Daichi tumbuh menjadi remaja yang mudah berempati, sementara tidak semua remaja laki-laki memiliki kemampuan tersebut dengan kondisi keluarga yang tidak sempurna. Empati adalah cara bersosialisasi dengan orang lain yang mampu menempatkan diri terhadap kondisi orang lain dan kemudian dikomunikasikan. Rumusan masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana gambaran empati remaja tokoh Suzuki Daichi dalam drama Risou No Musuko karya sutradara Sakuma Noriyoshi, Satoru Nakajima, dan Mori Masashiro. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis, dengan menggunakan psikologi sastra yaitu pemahaman terhadap karya sastra dengan mempertimbangkan aspek-aspek kejiwaannya. Penulis juga menggunakan teori mise en scene sebagai pendukung dalam penelitian ini guna menganalisis drama lebih mendalam. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Daichi melakukan semua komponen yang membentuk empati yang dilakukan oleh remaja, yaitu pemahaman atas kondisi orang lain (perspektif taking), simpati, sensitivitas, sharing penderitaan dengan orang lain, dan komunikatif. Daichi melakukan empati juga secara menyeluruh yaitu berawal dari lingkungan keluarga, teman sebaya, dan lingkungan sekitar atau masyarakat. Dari semua lingkup sosial, Daichi paling banyak menerapkan empati pada lingkup teman sebaya di mana Daichi lebih banyak melakukan interaksi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2016/418/051607641
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 05 Sep 2016 14:29
Last Modified: 20 Oct 2021 06:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102307
[thumbnail of Artikel_Ilmiah_Yenia.pdf]
Preview
Text
Artikel_Ilmiah_Yenia.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Skripsi_Yenia.pdf]
Preview
Text
Skripsi_Yenia.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item