Ketidaksesuaian Peran Gender Pada Tokoh Asahina Ukyou dan Asahina Hikaru dalam Light Novel Brothers Conflict Karya Kanase Atsuko, Mizuno Takeshi, dan Udajyo.

Anom, Yuana Dyah Putri (2016) Ketidaksesuaian Peran Gender Pada Tokoh Asahina Ukyou dan Asahina Hikaru dalam Light Novel Brothers Conflict Karya Kanase Atsuko, Mizuno Takeshi, dan Udajyo. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Peran gender adalah sikap dan perilaku yang diharapkan dari suatu gender dalam kehidupan sosial. Dalam kehidupan sosial dan bermarsyarakat seorang wanita diharapkan untuk bersikap feminim dan pria diharapkan untuk bersikap maskulin. Kegagalan dalam memenuhi peran gender disebut sebagai ketidaksesuaian peran gender dan dipandang rendah oleh masyarakat. Jepang merupakan negara dengan aturan peran gender yang tegas di mana perempuan diharapkan menjadi ibu rumah tangga dan laki-laki sebagai pencari nafkah utama. Seiring perkembangan zaman, peran gender tradisional dianggap tidak sesuai dengan kenyataan yang ada sehingga makin sering terjadi ketidaksesuaian peran gender terutama di kalangan anak muda. Contoh ketidaksesuaian peran gender yang terdapat di Jepang bisa ditemukan dalam Light Novel Brothers Conflict (BroCon). Oleh karena itu, dalam penelitian ini penulis akan menjawab rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) bentuk-bentuk ketidaksesuaian peran gender yang terdapat dalam BroCon terutama pada tokoh Asahina Ukyou dan Asahina Hikaru dan (2) penyebab ketidaksesuaian yang terdapat dalam BroCon. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-analisis oleh Ratna dengan teori pendekatan gender oleh The Swedish Research Council’s Committe on Gender Research. Deskriptif-analisis digunakan untuk mencari dan menganalisis sumber data dalam berbagai bentuk. Pendekatan gender karena penelitian ini bertujuan untuk meneliti peran gender. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk ketidaksesuaian gender yang terdapat pada BroCon berupa Hikaru yang berpenampilan seperti perempuan, Hikaru yang berbicara menggunakan bahasa perempuan, Ukyou yang mengambil posisi ibu, dan Miwa yang merupakan ibu keluarga Asahina sekaligus pencari nafkah utama. Ketidaksesuaian tersebut disebabkan oleh tuntutan pekerjaan, tidak adanya sosok ibu di rumah, dan meninggalnya suami Miwa. Dari penelitian ini bisa disimpulkan bahwa terdapat lima jenis ketidaksesuaian peran gender di BroCon. Selain itu, terdapat tiga penyebab utama ketidaksesuaian peran gender yang bisa ditemukan dalam BroCon.

English Abstract

-

Other obstract

ジェンダーロール(性的役割)とは、その性別が、社会的に期待されてい る役割のことである。社会的に女は大和撫子、男は男前しか認められない。 失敗したら、「役割違いジェンダーロール」と呼ばれ、社会的には過小評 価される。日本におけるジェンダーロールはとても厳しく、女は主婦・男 は稼ぎ手しかできない。しかし、最近はこのような硬いジェンダーロール は実生活には合わないことから若者は色々な「役割違いジェンダーロール」 をする。ライトノベル『ブラザーズコンフリクト(ブラコン)』には「役 割違いジェンダーロール」がみられる。よって、研究の目的は(1)ブラ コンの中に(特に朝日奈右京と朝日奈光について)役割違いジェンダーロ ールがみられるか、と(2)ブラコンの中にみられる役割違いジェンダー ロールの理由をさぐることである。 この研究はラトナの記述的分析を使う。後は『The Swedish Research Council’s Committe on Gender Research』のジェンダーアプローチも使う。 色々な資料を使うことができるため記述的分析を使う。ジェンダーロール についての研究からジェンダーアプローチも使う。 研究の結果、ブラコンの中にみられる役割違いジェンダーロールは(1) 光が女装して女言葉を使う、と(2)「母」になる右京と母の美和は稼ぎ 手という2つである。その理由は仕事の為、実の母の美和は家にいない、 そして美和の理由は夫がいなくなった事である。 この研究によって、ブラコンの中にやり違いジェンダーロールは5つみつ かった。ブラコンの中で見られた役割違いジェンダーロールの理由は3つ である

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2016/390/051607529
Uncontrolled Keywords: pendekatan gender, ketidaksesuaian, peran gende
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 07 Sep 2016 20:39
Last Modified: 10 Nov 2021 03:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102276
[thumbnail of Skripsi_-125110201111002-_(1).pdf]
Preview
Text
Skripsi_-125110201111002-_(1).pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item