Ruigigo Kanarazu, Kitto, Mochiron, Dan Zettai Pada Novel Boruto Naruto The Movie Karya Kishimoto Masashi Dan Kodachi Ukyo

Salimah, HemasMuna (2016) Ruigigo Kanarazu, Kitto, Mochiron, Dan Zettai Pada Novel Boruto Naruto The Movie Karya Kishimoto Masashi Dan Kodachi Ukyo. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kata yang memiliki makna yang mirip (sinonim) sering menjadi kendala dalam pembelajaran bahasa Jepang oleh para pembelajar bahasa Jepang. Salah satu kata bersinonimnya terdapat dalam kelas kata adverbia, yaitu kanarazu, kitto, mochiron, dan zettai, yang sama- sama bermakna “pasti”. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui perbedaan, persamaan, dan apakah keempat adverbia ini dapat saling bersubtitusi dalam suatu kalimat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kulitatif dengan sumber data berupa novel Boruto Naruto the Movie karya Kishimoto Masashi dan Kodachi Ukyo. Teknik analisisnya dilakukan dengan membuat pasangan terlebih dahulu dari keempat adverbia tersebut. Hasil penelitiannya ini yang menunjukkan persamaan keempat adverbia yaitu sama-sama bermakna pasti, sedangkan perbedaannya ada pada nuansa maknanya, selain itu dalam hal subtitusi kanarazu dengan kitto dapat disubtitusikan jika kalimatnya mengandung kehendak tegas seseorang , kanarazu dengan zettai dapat disubtitusikan jika kalimatnya positif. Sedangkan kitto dengan zettai dan juga mochiron, sama sekali tidak bisa bersubtitusi dengan ketiga adverbia tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2016/351/051607387
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 25 Aug 2016 08:46
Last Modified: 20 Oct 2021 02:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102233
[thumbnail of muna_2.8.16.pdf]
Preview
Text
muna_2.8.16.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item