Kemampuan Dan Pemahaman Mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Brawijaya Angkatan 2015 Dalam Menggunakan Kata Tunjuk Bahasa Jepang Kore, Sore, Are

Ningrum, Tristiya (2016) Kemampuan Dan Pemahaman Mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Brawijaya Angkatan 2015 Dalam Menggunakan Kata Tunjuk Bahasa Jepang Kore, Sore, Are. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Shijishi adalah kata ganti demonstratif atau kata ganti untuk menunjukkan suatu hal, orang, atau, benda. Dalam bahasa Jepang kata tunjuk atau Shijishi (指示詞) terbagi dalam ko (こ), so (そ), a (あ), do (ど). Penggunaan ko so a do sendiri dapat dibagi menjadi dua, yaitu berdasarkan genbashiji (現場指示) yang digunakan untuk menunjuk benda yang ada di tempat sebenarnya dan bunmyakushiji (文脈指示) yang digunakan untuk menunjuk suatu hal yang menjadi pembicaraan. Penulis menggunakan kata tunjuk benda kore, sore, are sebagai fokus penelitian. Penulis menggunakan gabungan teori milik Yasuko dan Tomita untuk menjawab rumusan masalah bagaimana kemampuan dan pemahaman mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Brawijaya angkatan 2015 dalam menggunakan kata tunjuk bahasa Jepang kore, sore , are. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui triangulasi (tes, angket, wawancara) dengan hasil penelitian bahwa meskipun sebagian besar responden sudah mampu menggunakan kore, sore, are yang ditunjukan dengan persentase sebanyak 65%, tapi sebagian besar responden masih menjawab soal-soal tes penggunaan kore, sore, are dengan alasan yang tidak sesuai terutama pada penggunaan kore, sore, are berdasarkan bunmyakushiji. Berdasarkan angket, responden banyak mengalami kesulitan jika dalam mengerjakan soal mengenai penggunaan kore, sore tidak disertai gambar atau dalam hal ini adalah penggunaan kore, sore, are berdasarkan bunmyakushiji. Hal ini dikarenakan penggunaan kore, sore, are berdasarkan bunmyakushiji tidak diajarkan secara khusus dalam proses pembelajaran. Penulis menyarankan kepada peneliti yang ingin melakukan penelitian dengan tema kata tunjuk dapat menggunakan kata tunjuk tempat maupun kata tunjuk arah sebagai fokus data dan mengoptimalkan metode wawancara untuk mendapat hasil penelitian yang lebih akurat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2016/307/051606724
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 24 Aug 2016 10:15
Last Modified: 19 Oct 2021 07:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102185
[thumbnail of 4-Lembar_Pengesahan.pdf]
Preview
Text
4-Lembar_Pengesahan.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 2-Cover_dalam.pdf]
Preview
Text
2-Cover_dalam.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 3-Lembar_Persetujuan.pdf]
Preview
Text
3-Lembar_Persetujuan.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 6-ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
6-ABSTRAK.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 7-KATA_PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
7-KATA_PENGANTAR.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 5-PERNYATAAN_KEASLIAN.pdf]
Preview
Text
5-PERNYATAAN_KEASLIAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 8-DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
8-DAFTAR_ISI.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 13-BAB_1.pdf]
Preview
Text
13-BAB_1.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 14-BAB_II.pdf]
Preview
Text
14-BAB_II.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 15-BAB_III.pdf]
Preview
Text
15-BAB_III.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 16-BAB_IV.pdf]
Preview
Text
16-BAB_IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 17-BAB_V.pdf]
Preview
Text
17-BAB_V.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 18-DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
18-DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 19-Lampiran.pdf]
Preview
Text
19-Lampiran.pdf

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of 1-Cover.pdf]
Preview
Text
1-Cover.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item