Permatasari, Desy (2016) Efektivitas Permainan Kartu Kwartet Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Jepang Kelas Xi Bahasa Di Sma Negeri 3 Sukoharjo. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Bahasa Jepang merupakan bahasa asing yang dipelajari di beberapa sekolah di Indonesia. Kesulitan menguasai kosakata adalah salah satu alasan utama mengapa bahasa asing susah dipelajari. Penelitian ini dilakukan untuk membantu siswa menguasai kosakata bahasa Jepang dengan tujuan mengetahui efektivitas penggunaan permainan kartu kwartet. Jenis penelitiannya adalah eksperimen one group pretest posttest design dengan metode kuantitatif. Instrumen yang digunakan adalah tes untuk mengetahui prestasi belajar siswa dan angket untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap permainan kartu kwartet yang digunakan. Sampel penelitian berjumlah 23 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan kartu kwartet efektif meningkatkan penguasaan kosakata siswa. Hal tersebut terlihat dari meningkatnya rata-rata nilai dari 79,13 menjadi 92,69. Selain itu, uji T menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 6,757 > 2,074. Dari hasil perhitungan angket, diperoleh angka presentase sebesar 97% dengan interpretasi sangat kuat. Disimpulkan bahwa permainan kartu kwartet efektif meningkatkan penguasaan kosakata dan mendapat tanggapan yang positif dari siswa terhadap penggunaan media tersebut.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FBS/2016/254/051606671 |
Subjects: | 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 24 Aug 2016 13:16 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 06:24 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102126 |
Preview |
Text
cover_-_lampiran.pdf Download (8MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |