Herlambang, RunguPuput (2016) Hubungan Kecerdasan Intelektual dan Motivasi Terhadap Hasil Pembelajaran Bahasa Prancis Mahasiswa. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Keberhasilan pembelajaran bahasa Prancis atau bahasa Asing pada umumnya, dipengaruhi oleh berbagai faktor. Menurut Azwar (2010) salah satu faktor yang mempengaruhi adalah kecerdasan intelektual dan motivasi. Sebagian besar peneliti beranggapan bahwa kecerdasan intelektual atau IQ menentukan keberhasilan pembelajaran seseorang (Slameto, 2003). Akan tetapi, pendapat lain menyatakan bahwa kemampuan berbahasa berbeda dari keseluruhan IQ (Gardner, 1993). Didasari perbedaan pendapat tersebut peneliti memunculkan hipotesis bahwa tinggi rendahnya kecerdasan intelektual seseorang tidak selalu berbanding lurus dengan hasil pembelajaran bahasa asingnya. Terdapat faktor-faktor lain yang berusaha ditemukan lewat penelitian ini, salah satunya adalah motivasi. Dari pandangan tersebut, peneliti melakukan penelitian akan hubungan variabel-variabel yang berupa kecerdasan intelektual, motivasi diri, dan hasil pembelajaran bahasa Prancis mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) hubungan kecerdasan intelektual dan motivasi dengan hasil pembelajaran bahasa Prancis mahasiswa semester satu Program Studi Bahasa dan Sastra Prancis Universitas Brawijaya; dan (2) faktor-faktor lain yang mempengaruhi hasil pembelajaran bahasa Prancis mahasiswa baru Program Studi Bahasa dan Sastra Prancis Universitas Brawijaya. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan campuran. Pendekatan kuantitatif digunakan untuk menghitung hubungan antar variabelnya dan pendekatan kualitatif digunakan untuk menganalisis data hasil penghitungan dan dalam merumuskan kesimpulan. Penelitian ini dilaksanakan dengan mengambil sembilan orang mahasiswa semester I Program Studi Bahasa dan Sastra Prancis Universitas Brawijaya tahun ajaran 2015/2016 sebagai sampel. Pengambilan sampel yang berupa mahasiswa baru bertujuan untuk mengetahui perkembangan tahap awal pembelajaran bahasa asing pada manusia dewasa. Berdasarkan hasil penelitian ini, ditemukan bahwa motivasi seseorang memiliki korelasi positif yang lebih tinggi dibandingkan dengan kecerdasan intelektualnya. Penelitian ini berhasil mengungkapkan faktor-faktor lain yang mempengaruhi hasil pembelajaran, yaitu: (a) pengaruh orang tua atau pengajar; (b) ketertarikan pribadi; dan (c) kemampuan mengingat. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan kepada mahasiswa dan pengajar bahasa Prancis untuk meningkatkan motivasi diri dalam pembelajaran bahasa asing.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FBS/2016/16/051601150 |
Subjects: | 400 Language > 440 French and related Romance languages |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Perancis |
Depositing User: | Indah Nurul Afifah |
Date Deposited: | 04 Mar 2016 10:18 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 01:42 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102019 |
![]() |
Text
Rungu_Puput_Herlambang_-_125110300111003_-_Bahasa_dan_Sastra_Prancis.pdf Download (3MB) |
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg Download (35kB) |
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg Download (12kB) |
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg Download (3kB) |
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg Download (1kB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |