Popularitas Fate Series Sebagai Salah Satu Representasi Budaya Populer Jepang

Andriani, Anandya (2016) Popularitas Fate Series Sebagai Salah Satu Representasi Budaya Populer Jepang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Budaya populer dalam istilah bahasa Jepang disebut dengan taishuu bunka (大衆文化) karena populer dan diproduksi secara massal di Jepang. Budaya populer Jepang ini tidak hanya disukai oleh masyarakat Jepang saja, namun juga masyarakat luar seperti Indonesia. Hal ini membuat penulis melakukan penelitian melalui salah satu representasi budaya populer Jepang yaitu Fate Series. Fate Series adalah sebutan untuk kumpulan serial “Fate/” yang dibuat oleh TYPE-MOON. Fate Series bercerita tentang peperangan para penyihir dalam memperebutkan Holy Grail, yang disebut dengan Holy Grail War. Penulis menggunakan metode penelitian deskriptif analisis dan teori budaya populer dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Fate Series dapat menjadi salah satu representasi budaya populer Jepang karena terdapat komponen-komponen budaya populer Jepang pada produknya. Popularitasnya dihasilkan dari gambar dan jalan cerita yang bagus dengan jumlah tokohnya yang banyak dan menarik. Selain itu juga disertai dengan strategi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan TYPEMOON. Popularitas Fate Series tidak hanya bisa dianalisis dari produknya saja, namun juga bisa dianalisis dari popularitasnya di kalangan pecinta budaya populer Jepang di Indonesia.

English Abstract

日本でポピュラーカルチャーの製品の形で人量に生産されていると大勢 人が人気がある、ポピュラーカルチャーは「大衆文化」と呼ばれている。 大衆文化は日本の社会だけではなく、インドネシアのような外国の社会で も好まれている。筆者は大衆文化代表のフェイトシリーズについて研究し たい。 フェイトシリーズとはTYPE-MOONに作られた色んな「フェイト」という 作品を指す。フェイトシリーズは魔法使いに巻き込まれ、聖杯を求めてい る戦いで、『聖杯戦争』が語られている。筆者は記述的な分析方法とポピ ュラーカルチャー理論を使用した。 製品の中に大衆文化の要素があることから、フェイトシリーズは大衆文 化の代表になるというのが研究の結果である。たくさんの面白いキャラク ターや良い絵だけでなくストーリーライン良さも人気の結果である。そし て、TYPE-MOONを販売戦略に伴ってある。フェイトセリースは製品を分析 するだけでなく、インドネシアに大衆文化の好きな人より人気を分析され ることもできてある。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2016/159/ 051601315
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 08 Mar 2016 15:14
Last Modified: 08 Mar 2016 15:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102018
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item