Gambaran Bankonka Melalui Tokoh Fujii Emi Dalam Drama Watashi Ga Renai Dekinai Riyuu Karya Sutradara Yuusuke Ishii

Lapsavia, Mergie (2016) Gambaran Bankonka Melalui Tokoh Fujii Emi Dalam Drama Watashi Ga Renai Dekinai Riyuu Karya Sutradara Yuusuke Ishii. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dewasa ini, masyarakat Jepang menghadapi masalah yang serius yaitu bankonka atau wanita yang terlambat menikah. Bankonka adalah istilah yang mengambarkan fenomena pada wanita di Jepang yang terlambat menikah. Dengan kata lain, walaupun mereka sudah memasuki usia untuk dapat menikah, tetapi wanita tersebut tidak menghiraukan pernikahan. Setiap tahun, wanita di Jepang banyak yang mengalami bankonka. Adapun penyebabnya adalah wanita tersebut lebih memilih mengejar karir dan impiannya, sehingga menunda pernikahan. Penelitian ini menggunakan drama yang berjudul "Watashi ga Renai Dekinai Riyuu" yang menggambarkan fenomena bankonka yang dialami oleh tokoh Fujii Emi. Drama ini menceritakan Fujii Emi, seorang wanita karir yang hampir berumur 30 tahun, bekerja pada perusahaan lightning effect yang tempat kerjanya di dominasi oleh pria. Penulis menggunakan teori sosiologi budaya oleh Watt (dalam Wiyatmi, 2013:26-27) yaitu mengkaji sastra sebagai cerminan masyarakat. Selain itu, penulis menggunakan teori tokoh penokohan dan teori mise en scene untuk mendukung pada penelitian tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif, dengan cara menjabarkan fakta-fakta pada drama tersebut kemudian dianalisis. Hasil penelitian yang diperoleh adalah pada drama tersebut membuktikan bahwa fenomena bankonka terjadi di Jepang. Telah ditemukan bahwa penyebab bankonka pada tokoh Fujii Emi adalah perubahan pola pikir terhadap cinta, sikap terhadap pernikahan, kewajiban pribadi, dan ambisi.

English Abstract

現在、晩婚化は日本社会が直面する深刻な問題である。晩婚化とは晩婚になるであろう人のこともふくむ日本社会にある現象を描写する用語である。つまり、結婚できる年齢になっているが、結婚のことを深く考えない人の状況である。毎年、この問題は増え続ける一方である。その原因は多数の日本女性が結婚よりもキャリアと将来を選択する傾向があるからである。本研究では『私が恋愛できない理由』のドラマにおける登場人物の藤井恵美に焦点をあて、晩婚化の印象を分析する。このドラマは男性ばかりのイベント照明会社に勤める現場で働く照明ウーマンでほぼ30歳の藤井恵美のストリーである。 筆者は社会反射として文学を批評するワットの文献社会学の理論を使用する(ウィヤットミ、2013:26-27ページ)。このドラマのシーンを分析するための、サポートとして人格理論とミザンセ‐ヌの理論も使用する。また使用する研究方法は定性的な記述の方法により記述的の事実を説明し、分析することである。 結果、このドラマは日本での晩婚化の現象を示している証明である。本研究では藤井恵美が晩婚になる原因は恋愛に対する考え方の変化・結婚に対する態度・個人的な義務・野望にあると考えられる

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2016/143/ 051601299
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 10 Mar 2016 14:03
Last Modified: 10 Mar 2016 14:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102002
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item