Perilaku Sadisme Tokoh Shozo Iwaki Pada Film Yakuza Weapon Karya Sutradara Tak Sakaguchi Dan Yudai Yamaguchi (Psikologi Individual Alfred Adler)

Tjandra, RicoAdhityaKusuma (2015) Perilaku Sadisme Tokoh Shozo Iwaki Pada Film Yakuza Weapon Karya Sutradara Tak Sakaguchi Dan Yudai Yamaguchi (Psikologi Individual Alfred Adler). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perilaku sadisme, yaitu perilaku yang bersifat menghancurkan, berwujud tindakan menyakiti dan menghina orang lain. Perilaku ini didasari balas dendam dan upaya mempertahankan kebiasaan seseorang ataupun kelompok. Obyek penelitian ini adalah tokoh yang bernama Shozo Iwaki dalam film Yakuza Weapon. Dari tokoh ini penulis secara khusus akan meneliti perilaku sadismenya dengan menggunakan teori psikologi individual Alfred Adler. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran perilaku sadis tokoh Shozo Iwaki dan motifnya yang ditinjau dari teori psikologi Alfred Adler. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Penulis juga menggunakan teori psikologi Alfred Adler, teori tokoh penokohan dan mise en scene. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku sadis yang diciptakan oleh tokoh utama berawal dari balas dendam dan mekanisme pertahanan kebiasaan, kepercayaan dan adat seperti kode etik Jingi pada yakuza. Penulis menyarankan kepada peneliti selanjutnya untuk meneliti film Yakuza Weapon sebagai sumber data, dengan obyek perusakan kode etik Jingi yang dikaji dengan teori sosiologi sastra.

English Abstract

嗜虐的な行為とは他の人を傷つけることである。この行為は仇討ち及び自分の習慣に基づく暴力的な行為である。本研究の対象は「ヤクザウェアポン」という映画にある主人公、いわき肖像である。アルフレッドアドラーの心理理論で主人公が見せた嗜虐的な行為を研究する。 本研究の目標は、アルフレッドアドラーの心理理論でいわき肖像の嗜虐的な行為の記述及びその動機を検討する。本研究は、定性的分析で行う。それに、本研究で使用された理論は三つあり、一つ目は、アルフレッドアドラーの心理理論である。二つ目は性格描写理論である。三つ目はミザンセーヌである。 結論としては、主人公が見せられた嗜虐的な行為の原因は復讐心及びヤクザにある仁義という倫理規定又は習慣である。 調査の結果を踏まえ、一つの提案がある。次の研究者が研究データとして本映画を使い、社会文学理論で、仁義という倫理規定に対する違反を研究すると思う。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2015/688/ 051601100
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 29 Feb 2016 15:26
Last Modified: 29 Feb 2016 15:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101915
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item