Gender Analysis in ‘Bright’ English Textbook for 1st Year of Junior High School

Maharani, Meilinda Dessy (2017) Gender Analysis in ‘Bright’ English Textbook for 1st Year of Junior High School. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Buku teks merupakan salah satu komponen dalam proses belajar mengajar. Memilih buku teks yang sesuai merupakan salah satu hal terpenting yang harus dilakukan oleh Guru. Ketika buku teks Bahasa Inggris memuat bermacam-macam penggambaran dan sudut pandang terhadap wanita dan laki-laki, buku teks harus merepresentasikan kesetaraan antara laki-laki dan wanita. Oleh karena itu, penelitian terhadap analisis jender di buku teks Bahasa Inggris itu penting dalam hal untuk mengetahui kecenderungan jender di buku teks itu sendiri. Dengan demikian, tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kecenderungan jender dalam buku teks melalui penggunanaan item-item bahasa dan gambar. Penelitian ini menggunakan analisis konten sebagai desain penelitian. Analisis konten merupakan jenis penelitian dibawah deskripsi kualitatif and lebih memperhatikan konten di dalam buku teks. Dalam penelitian ini, konten yang diteliti adalah item bahasa dan gambar di buku Bahasa Inggris ‘Bright’ untuk sekolah menengah pertama tahun pertama yang diterbitkan oleh Erlangga. Instrument yang digunakan ada dua checklist observasi dari Carroll and Kowitz (1994) untuk item bahasa dan Giaschi (2000) untuk analisis gambar. Hasil yang telah diperoleh dalam buku teks yang diteliti ini, ada sedikit kesenjangan jender yang terdapat di dalam konten teks melalui penggunaan item-item bahasa dan gambar di dalam dua belas unit di buku teks. Laki-laki lebih dominan dalam hal pengguaan item-item bahasa sedangkan, wanita lebih dominan dalam gambar yang ditunjukkan di dalam buku teks. Berdasarkan penemuan, peneliti menyarankan untuk para penulis buku teks dan para Guru Bahasa Inggris untuk leih harus menyadari tentang penggambaran stereotip di dalam buku teks Bahasa Inggris. Selanjutnya, untuk para Guru Bahasa Inggris harus menyiapkan materi tambahan yang memuat keseimbangan jender. Ketika menyampaikan materi dan memberikan tugas kepada siswa, para guru harus memberikan porsi yang sama antara laki-laki dan perempuan.

English Abstract

English textbook is one of the components of teaching and learning process. Choosing an appropriate textbook is one of the most important things which teachers can decide. Since, English textbook contains various representations and perspectives of women and men, the textbook should represent the equality for both women and men. Therefore, the research on gender analysis of English textbook is important to know the gender equality in textbook itself. Thus, the purpose of this study is to know gender equality in textbook through the use of language items and images. This research used content analysis as the research design. Content analysis is a kind of research under descriptive qualitative research and it more concerns of the content in a textbook. In this research, the content studied were the language items and images of ‘Bright’ English textbook for 1st year Junior High School published by Erlangga. The instruments used were two observation checklists of Carroll and Kowitz (1994) for the language items and Giaschi (2000) for the images. The result of the study showed that there is less gender bias occurred in the text content through the use of language items and in images of twelve chapters in the textbook. Male were dominant in the use of language items in the text content, while women were dominant in the images of the textbook. Based on the findings, the researcher suggested that both textbook writers and English teachers have to be aware of the stereotypical portrayals in the English textbooks. Further, English teachers have to prepare the supplementary materials which represent gender equality. When they deliver the material and give tasks for the students, they have to give same portion for men and women.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2017/455/051706047
Uncontrolled Keywords: gender, textbook evaluation, gender analysis.
Subjects: 800 Literature (Belles-letters) amd rhetorics > 820 English & Old English literatures
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 04 Aug 2017 01:33
Last Modified: 17 Oct 2024 07:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/1019
[thumbnail of Meilinda Dessy Maharani.pdf] Text
Meilinda Dessy Maharani.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item