Putra, Muhamad Bima Herstyana (2018) Implementasi Strategi Inovasi Produk Sebagai Usaha Bertahan Di Pasar Global (Studi Kasus pada PT Kharisma Rotan Mandiri, Sukoharjo, Jawa Tengah). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pasar global memberikan dampak yang sangat signifikan bagi para pelaku usaha bisnis khususnya pada industri rotan di Indonesia. Semakin ketatnya persaingan dari dalam dan luar negeri menyebabkan perusahaan harus semakin kreatif dan inovatif. Inovasi produk merupakan salah satu langkah yang dapat digunakan oleh para pelaku bisnis di industri rotan agar dapat bertahan di pasar global. PT Kharisma Rotan Mandiri adalah pengekspor rotan berbadan usaha kelas menengah yang telah memiliki pasar sebagian besar di Amerika, Eropa, sebagian Asia dan Australia. Sejak awal PT Kharisma Rotan Mandiri telah melakukan inovasi produk sesuai dengan brand merek perusahaan yang bernama “Uniquance” dengan arti bahwa produk dari perusahaan memiliki keunikan yang khas. Kementrian Perdagangan (Kemendag) Indonesia telah menjadikan PT Kharisma Rotan Mandiri pada tahun 2015 lalu sebagai salah satu dari lima perusahaan dan UKM yang sangat berpengaruh pada pertumbuhan devisa negara. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan strategi inovasi yang diimplementasikan oleh PT Kharisma Rotan Mandiri untuk dapat bertahan di pasar global. Penelitian ini juga menjelaskan hambatan-hambatan yang dihadapi oleh PT Kharisma Rotan Mandiri untuk dapat bertahan di pasar global serta menjelaskan dampak dari strategi inovasi produk yang dilakukan terhadap keunggulan bersaing PT Kharisma Rotan Mandiri di pasar global. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi inovasi yang diimplementasikan oleh PT Kharisma Rotan Mandiri berupa inovasi pada organisasi berupa sistem informasi dalam perusahaan yang diubah dari manual menjadi terkomputerisasi sehingga memudahkan perusahaan untuk meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan, serta menerapkan strategi inovasi produk dengan melakukan kombinasi bahan baku, differensiasi, dan desain yang up to date mengikuti trend pasar. Penerapan strategi inovasi produk yang dilakukan oleh PT Kharisma Rotan Mandiri tidak lepas dari hambatan yang dihadapi oleh perusahaan baik dari internal maupun eksternal perusahaan. Terlepas dari hambatan yang dihadapi, implementasi strategi inovasi produk yang dilakukan oleh PT Kharisma Rotan Mandiri memberikan beberapa dampak bagi perusahaan seperti meningkatnya penjualan dan kegiatan ekspor, mendapatkan pembeli baru dari berbagai negara, dan mampu bertahan di pasar global.
English Abstract
The global market has a very significant impact for business actors, especially in rattan industry in Indonesia. The more intense competition from within and outside the country cause the company should be more creative and innovative. Product innovation is one step that can be used by businessmen in the rattan industry in order to survive in the global market. Kharisma Rotan Mandiri in Sukoharjo is a medium-sized business rattan exporter with the most markets in America, Europe, parts of Asia and Australia. Since the beginning, Kharisma Rotan Mandiri has made product innovation in accordance with the company’s trademark called “Uniquance” with the meaning that the company’s product have their own uniqueness. Directorate General for National Export Development (DGNED) Indonesia has made Kharisma Rotan Mandiri in 2015 and as one of the five companies and SMEs were very influential in the growth of foreign exchange. The purpose of this study is to explain the innovation strategy implemented by Kharisma Rotan Mandiri to survive in the global market. This study also explains the constraints faced by Kharisma Rotan Mandiri to survive in the global market and explain the impact of product innovation strategy on the competitive advantage of Kharisma Rotan Mandiri in the global market. The results showed that the innovation strategy implemented by Kharisma Rotan Mandiri in the form of innovation in the organization of information system in the company that changed from manual to computerized so as to facilitate the company to improve the quality of the resulting product, and apply product innovation strategy by doing combination of raw materials, differentiation, and up to date designs following the market trend. The implementation of product innovation strategy conducted by Kharisma Rotan Mandiri can not be separated from the obstacles faced by the company either from internal or external company. Apart form the obstacles faced, the implementation of product innovation strategy conducted by Kharisma Rotan Mandiri provides some impacts for companies such as increased sales and export activities, gaining new buyers form various countries, and able to survive in the global market.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2018/156/051803450 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management > 658.401 Planning, policy making, control, quality management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Yusuf Dwi N. |
Date Deposited: | 03 May 2018 03:33 |
Last Modified: | 26 Oct 2021 05:43 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/10175 |
Preview |
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAGIAN DEPAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB III.pdf Download (390kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB V.pdf Download (175kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB II.pdf Download (480kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (145kB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |