Haryati, Susanti Dwi (2017) Cultural Content Analysis in English Textbooks Entitled “Bahasa Inggris” for Second Year Students of Senior High School. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Buku teks memiliki peran penting dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Sehubungan dengan itu, buku teks Bahasa Inggris harus memenuhi kriteria buku teks yang bagus. Berdasarkan Kurikulum 2013 yang menekankan pada pengembangan karakter yang berkaitan dengan kesadaran budaya, mewajibkan buku teks untuk menyajikan konten budaya di dalamnya. Oleh karena itu, penelitian ini dimaksudkan untuk menganalisis buku teks Bahasa Inggris yang berjudul "Bahasa Inggris" untuk semester pertama dan kedua siswa kelas 11 SMA. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan bagaimana jenis budaya dan juga jenis informasi budaya yang terdapat pada buku teks tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dari penelitian ini diambil dari 11 bab dan sampul buku teks tersebut. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu daftar periksa evaluasi buku teks pelajaran berdasarkan jenis budaya oleh Cortazzi, & Jin (1999) dan jenis informasi budaya yang diajukan oleh Adaskou, dkk. (1990). Analisis tersebut membahas apa dan bagaimana jenis budaya dan jenis informasi budaya dipresentasikan dalam buku teks tersebut. Dari penelitian ini ditemukan urutan kriteria dari yang paling mendominasi hingga paling sedikit ditemukan di dalam buku teks tersebut berdasarkan jumlah halaman yaitu: 1) Jenis Budaya: budaya sasaran, lokal, dan internasional; 2) Jenis informasi budaya: tugas menulis kontekstual, teks infromatif/deskriptif, ungkapan dan kolokasi, ilustrasi visual, teks yang menyajikan sikap/pendapat asing, dan dialog tentang kehidupan sehari-hari. Berdasarkan hasil tersebut, penulis buku disarankan untuk: 1) Jenis budaya: menyajikan budaya lokal, budaya sasaran, dan budaya internasional dengan porsi yang sama; 2) Jenis informasi budaya: melengkapi buku dengan rekaman suara yang mengandung konten budaya dan memperhatikan kontradiksi budaya. Sedangkan untuk guru, penulis menyarankan mengadopsi buku teks tersebut untuk kegiatan pembelajaran. Lebih lanjut disarankan agar peneliti selanjutnya mengevaluasi buku teks dari perspektif guru dan siswa atau hal lainnya.
English Abstract
Textbook has an important role in English Language Teaching. Regarding the importance of the English textbook, it has to fulfill the criteria of a good textbook. Based on Kurikulum 2013 which emphisizes character building that meets cultural awareness, the curriculum requires the textbook to serve cultural content in it. Therefore, this study was intended to analyze English Textbooks entitled “Bahasa Inggris” for first and second semester of second year students of senior high school. This study was conducted to describe how the types of culture and the types of cultural information are represented in the textbooks. This study was conducted by using descriptive qualitative. The data of this study were 11 chapters and the book covers of the textbooks. The instrument used was textbook evaluation checklist based on types of culture by Cortazzi, & Jin (1999) and the types of cultural information proposed by Adaskou, et al. (1990). The analysis discussed in what and how the types of culture and types of cultural information were represented. The result of this study from the most till the less criteria found in the textbooks based on the number of pages were: 1) The types of culture: target, source and international; 2) The types of cultural information: contextualized writing task, informative/descriptive text, idioms and collocations, visual illustration, text presenting foreign attitude and opinion, realia/pseudorealia and dialogues. Based on the result, the author of the textbooks is suggested to: 1) Types of culture: serve the source, target and international culture equally; 2) Types of cultural information: add sound recording in the textbooks and consider the cultural contradiction. For the teachers, it is suggested to adapt the textbooks in teaching learning process. Then, the writer of this undergraduate thesis offers further researcher to examine textbook from teacher and students’ perspectives or others.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FBS/2017/452/051706044 |
Uncontrolled Keywords: | English textbook, cultural content, types of culture, types of cultural information, and second year students of senior high school |
Subjects: | 400 Language > 401 Philosophy and theory; international languages > 401.4 Communication; semantics, pragmatics, languages for special purposes > 401.41 Discourse analysis |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 04 Aug 2017 01:07 |
Last Modified: | 17 Oct 2024 07:22 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/1016 |
Text
Susanti Dwi Haryati.pdf Download (3MB) |
Actions (login required)
View Item |