Analisis Kontrasftif Kalimat Pasif Bahasa Jepang dengan Kalimat Pasif Bahasa Jawa

Onafiani, Libriana (2015) Analisis Kontrasftif Kalimat Pasif Bahasa Jepang dengan Kalimat Pasif Bahasa Jawa. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam suatu bahasa, terdapat banyak sistem bahasa yang berbeda antara bahasa yang satu dengan bahasa yang lain sehingga hal ini menjadi ciri khas bahasa itu sendiri. Salah satu sistem bahasa tersebut adalah kalimat. Dalam setiap bahasa terdapat jenis dan bentuk kalimat yang berbeda-beda. Bahasa Jepang dan bahasa Jawa memiliki jenis kalimat pasif. Akan tetapi bentuk kalimat pasif dari kedua bahasa tersebut tidak sama. Pada umumnya suatu kalimat disebut kalimat pasif apabila kalimat tersebut memenuhi syarat secara morfologis, sintaksis, dan semantis. Secara morfologis terdapat afiks pada verba. Secara sintaksis yaitu nomina atau frase nomina pengisi subjek adalah nonsubjek pada kontruksi aktifnya. Secara semantis, apabila pelaku tidak lagi menjadi topik suatu kalimat. Penelitian ini ditujukan untuk mencari perbedaan dan persamaan kalimat pasif dilihat dari bentuk atau struktur kalimat dari kedua bahasa tersebut. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Dimana penulis menganalisis kalimat pasif dari kedua bahasa tersebut dengan cara mengidentifikasi struktur-struktur yang membentuk kalimat pasif tersebut. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan oleh penulis, dapat disimpulkan bahwa kalimat pasif dalam bahasa Jawa ditandai dengan pemarkah di-, tak-, atau ke dan hanya terbentuk dari verba transitif, adapula pemarkah ke yang termasuk verba intransitif bermakna pasif tidak dapat diubah ke dalam bentuk aktif. Sedangkan bahasa Jepang ditandai dengan pemarkah ~reru, ~rareru dan terbagi kedalam dua jenis kalimat pasif, yaitu kalimat pasif langsung (chokusetsu ukemi) dan kalimat pasif tidak langsung (kansetsu ukemi) yang juga dapat dibentuk dari verba transitif maupun intransitif. Kalimat pasif dalam bahasa Jepang berdasarkan strukturnya dapat dibentuk dengan empat kontruksi dalam kalimat yaitu subjek-predikat (SP) ,subjek-objek-predikat (SOP) , subjek-objek-objek tak langsung-predikat (SOOTLP) dan objek-predikat (OP).Kalimat pasif bahasa Jawa berdasarkan strukturnya dapat dibentuk dengan dua kontruksi dalam kalimatnya yaitu subjekpredikat (SP) dan subjek-predikat-keterangan (SPK). Untuk penelitian selanjutnya , penulis menyarankan untuk dilakukan penelitian mengenai struktur kalimat pasif dengan menggunakan bahasa yang lain, selain bahasa Jawa dan disarankan untuk menggunakan sumber data yang lain misalnya dari komik atau film.

Other obstract

一つの言語の中には、他の言語と違った様々な言語システムがあるため、 それぞれの言語が特徴を持つようになる。言語のシステムの一つは文であ る。それぞれの言語には文の種類と構文が色々ある。日本語とジャワ語に は受身形を持っていますが、構文は違う。基本的に文が形態論、統語論、 意味論の受身カテゴリーを満たす場合にその文が受身分と言える。形態論 の受身カテゴリーは動詞にアフィックスがあることである。統語論の受身 カテゴリーは主語となる名詞或いは名詞句が能動態に返すと主語にならな いことである。意味論の受身カテゴリーは主語が文のトピックにならない ことである。本研究の目的は日本語とジャワ語の受身形の同じところと違 いところを見つけるためである。本研究にて研究者が同二つの言語の受身 形の構文を判明し、分析したため、本研究はkualitatifで記述方法で行った。 結果としてはジャワ語の受身はdi-, tak-,或いは keの接頭辞があり、他 動詞から作成された。なお、自動詞から作成されたke の接頭辞がある受 身分については能動態文章に変更できない。一方、日本語の受身はレル」、 「ラレル」の接尾辞がある、他動詞はもとより自動詞からにも作成された。 また、日本語の受身には直接受身と間接受身の2種類がある。 日本語の受身の構文は subjek-preidkat(SP) ,subjek-objek-predikat (SOP) , subjek-objek-objek tak langsung-predikat (SOOTLP) dan objek-predikat (OP)で あります。しかし、ジャワ語の受身の構文は subjek+Predikat(SP)と subjek+predikat+keterangan(SPK). 次の研究への提案として、Jawa 語以外の言語を使用して、受動文の構 造に関する研究を行う。他のデータソースを使用する例えば、映画と漫画 がよいのではないかと考える。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2015/224/051505232
Uncontrolled Keywords: Analisis Kontrastif, kalimat pasif-受身分、対照分析
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 21 Sep 2015 09:52
Last Modified: 18 Oct 2021 03:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101404
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_ISI.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item