Interaksi Sosial Warga Binaan Lembaga Pemasyarakatan (Studi Kualitatif Deskriptif pada Mantan Warga Binaan Pemasyarakatan)

Sinatrio, Dimas (2018) Interaksi Sosial Warga Binaan Lembaga Pemasyarakatan (Studi Kualitatif Deskriptif pada Mantan Warga Binaan Pemasyarakatan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilandasi oleh permasalahan-permasalahan yang terjadi di Lembaga Pemasyarakatan seperti; kurang efektifnya pembinaan yang dilakukan oleh Lembaga Pemasyarakatan, kelebihan kapasitas warga binaan pada setiap Lembaga Pemasyarakatan, semakin banyaknya warga binaan berstatus residivis, adanya peredaran narkoba di Lembaga Pemasyarakatan. Masalah-masalah yang terjadi di Lembaga Pemasyarakatan dapat terjadi karena interaksi sosial yang terjadi setiap harinya pada warga binaan pemasyarakatan. Tujuan penelitian ini adalah mencari tahu bagaimana interaksi sosial yang dapat mempengaruhi warga binaan pemasyarakatan dalam mempelajari sebuah tindakan kriminal di Lembaga Pemasyarakatan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Selain itu penelitian ini juga menggunakan teori Differential Association dari E.H. Shutherland. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan observasi. Hasil penelitian tentang interaksi sosial warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan menunjukkan interaksi sosial terjadi antar warga binaan pemasyarakatan menghasilkan interaksi sosial yang bersifat positif dan negatif, interaksi sosial yang bersifat positif dihasilkan oleh pembinaan yang memberikan kesempatan kedua kepada warga binaan untuk merubah dirinya. Interaksi sosial yang bersifat negatif dipengaruhi oleh faktor komunikasi, faktor ekonomi dan faktor keluarga. Warga binaan mempelajari keterampilan melalui pembinaan dan warga binaan yang mempelajari tindakan kriminal memiliki kesamaan yaitu untuk bertahan hidup di Lembaga Pemasyarakatan.

English Abstract

This research is based on problems that occur in Prison such as; the lack of effective guidance that happened in Prison, the over capacity of the assisted citizens in every Prison, the increasing number of citizens with the status of recidivist, and the circulation of drugs in Prison. Problems that occur in Correctional Institutions can arise due to the social interaction that occurs every day to prisoners. The purpose of this study is to identify how social interaction could affect prisoners through the study of a criminal act in Prison. This research uses descriptive qualitative method. In addition, this research also used Differential Association theory from E.H. Shutherland. Data collection techniques used in this study are interviews and observation. The results of research on social interaction of prisoners in Prison Institution shows the social interaction occurs among the penitentiary residents resulting in positive and negative social interactions, positive social interaction that are generated by the coaching that gives a second chance for prisoners to change themselves. Social interaction that are negatively affected by communication factors, economic factors and family factors. Prisoners learn skills through coaching and Prisoners who study the criminal acts have in common is to survive in Prisons

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/75/051801748
Uncontrolled Keywords: Lembaga Pemasyarakatan, Warga Binaan Pemasyarakatan, Pembelajaran, Tindakan kriminal, Perilaku Menyimpang.
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.3 Social interaction within groups
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 02 May 2018 07:09
Last Modified: 16 Oct 2021 06:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/10131
[thumbnail of Dimas.pdf]
Preview
Text
Dimas.pdf

Download (7MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item