Motif Bunuh Diri Siswa Smp Di Jepang Yang Tercermin Pada Tokoh Makoto Kobayashi Dalam Anime: Colorful Karya Keiichi Hara

Baruno, Aryo (2014) Motif Bunuh Diri Siswa Smp Di Jepang Yang Tercermin Pada Tokoh Makoto Kobayashi Dalam Anime: Colorful Karya Keiichi Hara. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dewasa ini, masalah bunuh diri menjadi masalah yang serius di seluruh dunia termasuk di Jepang. Tidak hanya orang dewasa saja, saat ini banyak ditemukan kasus bunuh diri yang pelakunya merupakan anak sekolah. Oleh karena itu, dalam penelitian kali ini penulis akan meneliti apa saja motif yang membuat seorang siswa SMP akhirnya melakukan tindakan bunuh diri yang tercermin pada tokoh Makoto Kobayashi dalam Anime: Colorful karya Keichii Haraa. Pada penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan sosiologi sastra yang bertujuan untuk mencari hubungan antara keadaan sosial dengan sebuah karya sastra. Dalam meneliti anime Colorful ini, penulis juga menggunakan teknik mise-en-scene. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam anime Colorful ini terdapat adegan adegan dan dialog yang menunjukkan adanya beberapa motif yang terjadi juga di kehidupan nyata. Bagi peneliti selanjutnya yang ingin meneliti anime Colorful ini, dapat meneliti bagaimana peranan sosial dapat mengurangi bahkan mencegah keinginan seorang pelaku bunuh diri untuk melakukan tindak bunuh diri tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2014/84/051400782
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 12 Feb 2014 11:07
Last Modified: 22 Oct 2021 03:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101248
[thumbnail of Skripsi_Full.pdf]
Preview
Text
Skripsi_Full.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item