Strategi Pembelajaran Bahasa yang Digunakan oleh Siswa Tunarungu di SLB-B Karya Mulia Surabaya: Studi Kasus

Iskandar, IsmiBerliantika (2014) Strategi Pembelajaran Bahasa yang Digunakan oleh Siswa Tunarungu di SLB-B Karya Mulia Surabaya: Studi Kasus. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bahasa Inggris adalah bahasa yang sebagian besar digunakan secara luas untuk komunikasi International yang telah diakui seluruh dunia. Sehingga sekaran ini di Indonesia, Inggris diberikan kepada hampir semua siswa, tidak terkecuali siswa dengan kebutuhan khusus yang biasa disebut penyandang cacat. Namun, siswa-siswa tunarungu masih mengalami kesulitan dalam penggunaan bahasa Inggris. Ini terjadi karena bahasa Inggris adalah bahasa asing di Indonesia. Alasan lain dari kesulitan dalam bahasa Inggris adalah tentang kebiasaan siswa-siswa. Melihat fenomena tersebut, strategi belajar bahasa dibutuhkan. Studi ini hanya fokus pada strategi belajar yang dilakukan oleh siswa tunarungu ketika belajar bahasa Inggris. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif. Studi ini adalah studi kasus. Peserta penelitian ini adalah dua siswa, laki-laki dan perempuan. Penulis melakukan wawancara dengan responden dan guru. Penulis mengumpulkan data dengan memilih siswa tunarungu kelas 2, merekam dan melakukan interview, mengidentifikasi strategi belajar yang digunakan siswa tunarungu, dan mengklasifikasikan strategi belajar yang digunakan siswa tunarungu. Data analisis dilakukan dengan menganalisis hasil dari wawancara, membandingkan hasil wawancara dan menarik kesimpulan berdasarkan masalah pada studi dan hasil dari data analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi memori yang paling sering digunakan oleh responden sedangkan strategi afektif merupakan strategi yang paling sedikit mereka gunakan. Selain menggunakan strategi tersebut, dukungan dari guru-guru dan orang tua sangat penting membantu mereka belajar bahasa baru. Penulis menyarankan untuk siswa-siswa agar mengkombinasikan strategi belajar yang satu dengan yang lain. Penulis juga menyarankan kepada guru untuk melakukan inovasi-inovasi mengajar lainnya yang dapat membantu siswa-siswa mempelajari pelajaran bahasa Inggris. Saran terakhir adalah untuk peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian lebih dekat dan luas dengan siswa-siswa tunarungu.

English Abstract

English is the most widely used language for International communication that has been recognized worldwide. So now in Indonesia, English is given to almost all students, including students with special needs is also commonly called disables. However, the deaf students still have difficulty in applying English. This occurs because English is a foreign language in Indonesia. Another cause of difficulty in learning English is about students’ habit. Facing that phenomena, the language learning strategies are needed. This study only focuses on the learning strategies performed by the deaf student when learning English. The approach used is qualitative study. This study was a case study. The respondents of this study were two students, male and female. The writer conducted the interview with the respondents and teacher. The writer collected the data by selecting deaf student attending class 2, recording and conducting interviews, identifying the learning strategies used by the student, and classifying the learning strategies used by the student. The data analysis was conducted by analyzing the results of the interview, comparing the results of interview with students English grades for learning and drawing conclusion based on the problems of study and the result of data analysis. The result of this study shows that memory strategies are the most strategy used by respondents whereas affective strategies are the least strategy used. In addition to using these strategies, the support from teachers and parents is very important to help them learn a new language. The writer suggests for the students to combine learning strategies with each other. The writer also suggests the teacher to add other teaching innovations that can help students learning English lessons. The last suggestion is for the future researchers to do a closer and spacious study with deaf students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2014/50/051400604
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 04 Feb 2014 14:31
Last Modified: 21 Oct 2021 08:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101212
[thumbnail of THESIS_ISMI_BERLIANTIKA_ISKANDAR_(105110107111010).pdf]
Preview
Text
THESIS_ISMI_BERLIANTIKA_ISKANDAR_(105110107111010).pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item