Register Pemandu Wisata Berbahasa Prancis di Kawasan Wisata Kawah Ijen Banyuwangi Jawa Timur: Kajian Sosiolinguistik

Indrawati, Luisiana (2014) Register Pemandu Wisata Berbahasa Prancis di Kawasan Wisata Kawah Ijen Banyuwangi Jawa Timur: Kajian Sosiolinguistik. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Komunikasi dapat dilakukan oleh siapapun dan dalam lingkup sosial manapun. Salah satunya antara pemandu wisata dengan wisatawannya. Setiap pemandu wisata memiliki variasi bahasa. Variasi bahasa berdasarkan pemakaiannya disebut register. Dalam kegiatan guiding, pemandu perlu untuk mengetahui register yang baik dan benar. Namun, seringkali pemandu wisata menggunakan register yang tidak standar. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk register pemandu wisata berbahasa Prancis dan faktor-faktor sosial yang melatarbelakanginya. Penelitian ini dikhususkan untuk pemandu wisata berbahasa Prancis di Kawah Ijen Banyuwangi Jawa Timur mengingat banyak sekali wisatawan yang berasal dari Prancis yang mengunjunginya. Penelitian ini menggunakan teori sosiolinguistik dan register untuk menganalisis bentuk register dan faktor-faktor sosial yang melatarbelakanginya. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan empat pemandu wisata sebagai obyek penelitiannya. Teknik pengambilan data pada penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara kepada pemandu wisata, angket yang harus diisi pemandu, dokumentasi, dan studi pustaka. Analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data-data dari hasil observasi, wawancara dan angket, proses pemilihan data, penyajian data secara deskriptif, penarikan kesimpulan, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keempat pemandu wisata yang menjadi obyek penelitian mempunyai kesalahan gramatikal dalam register mereka dengan tingkat kesalahan yang berbeda. Hal tersebut dipengaruhi oleh faktor-faktor sosial yang melatarbelakangi pembentukan register tersebut, yaitu tingkat penguasaan bahasa Prancis, usia pertama kali belajar bahasa Prancis, cara atau tempat belajar bahasa Prancis, dan sikap terhadap bahasa Prancis. Oleh sebab itu, penelitian ini diharapkan dapat dijadikan masukan bagi seluruh pihak yang terkait dengan pemandu wisata untuk meningkatkan kualitas berbahasa Prancis pemandu wisata agar dapat meningkat pula kualitas pelayanannya kepada wisatawan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2014/364/051405635
Subjects: 400 Language > 440 French and related Romance languages
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Perancis
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 08 Sep 2014 07:59
Last Modified: 18 Oct 2021 05:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101071
[thumbnail of LUISIANA_INDRAWATI_105110300111013.pdf]
Preview
Text
LUISIANA_INDRAWATI_105110300111013.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item