Fenomena Monsuta Pearento yang Tercermin Dalam Drama Monster Parent Karya Sutradara Kobayashi Yoshinori

Wardhani, GustiAgungAyuKesuma (2014) Fenomena Monsuta Pearento yang Tercermin Dalam Drama Monster Parent Karya Sutradara Kobayashi Yoshinori. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, fenomena merupakan hal-hal yang dapat disaksikan dengan panca indra dan dapat diterangkan serta dinilai secara ilmiah. Sebuah fenomena dapat memberikan pengaruh positif dan negatif terhadap lingkungannya. Salah satu dampak negatif tersebut adalah fenomena monsuta pearento. Monsuta pearento merupakan sebutan bagi orangtua yang mengajukan permintaan yang cenderung kurang masuk akal dan berlebihan terhadap pihak sekolah. Besarnya dampak yang ditimbulkan oleh fenomena ini bagi hubungan orangtua serta guru, hingga pada tahun 2008 fenomena ini diangkat menjadi sebuah drama berjudul Monster Parent. Penelitian terhadap drama ini memiliki rumusan masalah, yaitu: bagaimana fenomena monsuta pearento tercermin dalam drama Monster Parent karya sutradara Kobayashi Yoshinori. Sosiologi sastra dari Ian Watt digunakan untuk menganalisis drama ini, yaitu pendekatan sastra sebagai cerminan masyarakat. Selain itu, pembagian 5 tipe monsuta pearento menurut Ogi Naoki, yaitu Wagako Chusin Monsuta, Negurekuto Monsuta, NoMoraru Monsuta, Gakkou Izon Monsuta, dan Kenrishuchou Monsuta juga digunakan untuk mengetahui cerminan monsuta pearento dalam drama ini. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa fenomena monsuta pearento tercermin dalam drama Monster Parent. Hal ini ditunjukkan dengan bentuk perilaku dari monsuta pearento, seperti mengubah jadwal kegiatan sekolah hanya berdasarkan permintaan yang tidak masuk akal. Serta contoh penyebab dari perilaku tersebut, seperti cita-cita dan ekspektasi tinggi dari orangtua terhadap anak. Contoh dari dampak perilaku ini juga ditemukan dalam drama ini, seperti renggangnya hubungan orangtua dengan pihak sekolah dan guru. Serta solusi yang ditemukan untuk menghadapi monsuta pearento adalah membina kerjasama yang baik antara orangtua serta guru demi mendukung perkembangan anak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2014/359/051405630
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 08 Sep 2014 15:45
Last Modified: 18 Oct 2021 05:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101064
[thumbnail of SKRIPSI_GUSTI_AGUNG_AYU_K._W..pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_GUSTI_AGUNG_AYU_K._W..pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item