Penggunaan Konjungsi ‘Ga’, ‘Demo’, dan ‘Kedo’ dalam Serial Drama Yorozu Uranaidokoro Onmyouya E Youkoso Episode 1 & 2 Karya Hijikata Masato.

Rachmanda, TriaWiena (2014) Penggunaan Konjungsi ‘Ga’, ‘Demo’, dan ‘Kedo’ dalam Serial Drama Yorozu Uranaidokoro Onmyouya E Youkoso Episode 1 & 2 Karya Hijikata Masato. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Banyak kata dalam bahasa Jepang yang memiliki makna yang sama, tapi dengan cara penggunaan yang berbeda. Seperti ‘ga’, ‘demo’, dan ‘kedo’ yang termasuk dalam jenis kata konjungsi, yaitu jenis kata yang berfungsi sebagai kata penghubung, yang memiliki makna sama, yaitu ‘tetapi’. Penelitian ini dilakukan guna mengetahui perbedaan penggunaan konjungsi ‘ga’, ‘demo’, dan ‘kedo’ dan apakah ketiga konjungsi tesebut dapat bersubtitusi satu dengan yang lain. Sumber data yang dipilih dalam penelitian ini adalah serial drama Yorozu Uranaidokoro Onmyouya E Youkoso episode 1 & 2 karya Hijikata Masato yang didalamnya ditemukan banyak penggunaan konjungsi ‘ga’, ‘demo’, dan ‘kedo’. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yaitu penelitian yang menghasilkan data berupa kata-kata tertulis yang merupakan deskripsi dari sesuatu yang diamati terkait dengan hal yang diteliti yaitu perbedaan penggunaan konjungsi ‘ga’, ‘demo’, dan ‘kedo’ dan potensi subtitusi ketiga konjungsi tersebut. Data yang ditemukan sejumlah 57 data, yaitu konjungsi ‘ga’ 10 data, konjungsi ‘demo’ 21 data dan konjungsi ‘kedo’ 26 data. Kesimpulan yang diperoleh yaitu konjungsi ‘ga’ dan konjungsi ‘kedo’ sama-sama digunakan di akhir klausa utama sehingga konjungsi ‘ga’ dan konjungsi ‘kedo’ dapat saling bersubtitusi, tetapi tidak dapat bersubtitusi dengan konjungsi ‘demo’. Namun, konjungsi ‘ga’ dan konjungsi ‘kedo’ jika digunakan di awal kalimat akan menjadi ‘desuga’ dan ‘desukedo’ atau ‘dakedo’. Oleh karena itu, konjungsi ‘demo’ dapat saling bersubtitusi dengan konjungsi ‘desuga’ dan ‘desukedo’ atau ‘dakedo’.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2014/264/051404393
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 11 Aug 2014 13:54
Last Modified: 18 Oct 2021 05:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/100959
[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item