Politeness Strategies On Dialogue Performed By Django And Dr. Schultz In “Django Unchained” Movie

Purba, EmiliyusMeinrat (2014) Politeness Strategies On Dialogue Performed By Django And Dr. Schultz In “Django Unchained” Movie. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sebagai makhluk sosial, orang-orang perlu memperhatikan pesan yang disampaikan dalam komunikasi. Dalam komunikasi verbal, orang melakukan tindakan kesantunan yang dapat memperakrab hubungan dan membangun kerjasama di antara mereka. Penulis melakukan studi tentang kesantunan strategi yang terdapat pada film yang berjudul “Django Unchained” yang menampilkan fenomena kesantunan yang terdapat dalam aspek kehidupan pada masa perbudakan di Amerika. Terdapat dua rumusan masalah yang akan dijawab pada studi ini, yaitu: (1) Strategi kesantunan apakah yang paling sering digunakan dalam dialog yang dilakukan Django dan Dr. Schultz dalam film “Django Unchained” dan (2) Faktor apakah yang menyebabkan Django dan Dr. Schultz menggunakan strategi yang paling sering muncul tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mengumpulkan dan menganalisis data. Hal ini termasuk dalam analisis dokumen menganalisis dan menafsirkan ucapan-ucapan pada dialog antara Django dan Dr Schultz dari naskah film untuk menjawab masalah penelitian. Hasil studi ini menunjukkan bahwa strategi kesantunan yang paling sering digunakan adalah kesantunan positif dengan jumlah dua puluh tiga ucapan. Dalam menggunakan strategi kesantunan, Dr. Schultz adalah pengguna kesantunan positif tersering pada ucapannya untuk menunjukkan keinginan bekerja sama serta usahanya dalam mengurangi jarak sosial dengan Django. Di sisi lain, Django memiliki frekuensi paling sedikit dalam menggunakan strategi keantunan. Dengan demikian, penulis menyarankan bahwa para peneliti selanjutnya untuk menggunakan obyek lain yang lebih merefleksikan penggunaan tindakan kesantunan dalam kehidupan sehari-hari serta menggunakan lebih banyak teori dalam menganalisa makna implisit yang terkandung pada ucapan penutur.

English Abstract

As a social being, people need to pay attention to the messages conveyed in communication. In verbal communication, people perform politeness that can develop relationship and build cooperation among them. The writer conducted a study about politeness in “Django Unchained” movie which presents about politeness phenomena happening in life aspect at the American slavery era. There are two problems to be solved, they are: (1) What politeness strategies which are mostly used on dialogue performed by Django and Dr. Schultz in “Django Unchained” movie? (2) What factors that influence Django and Dr. Schultz use the strategies which are mostly appeared. This study uses qualitative approach to gather and analyze the data. It is included into document analysis in analyzing and interpreting the utterances on dialogue between Django and Dr. Schultz from the script of the movie to answer the research problem. The result of this study shows that the mostly used politeness strategies is positive politeness strategies with twenty three utterances. In doing politeness strategies, Dr. Schultz is the highest positive politeness user in his utterances to show cooperative will and effort to minimize the social distance with Django. On the other side, Django has a very low frequency in doing the politeness strategies. Based on the results, the writer suggests that the next researchers use other objects reflecting more about performing politeness in daily life also use more theories in analyzing the implicit meanings of the speaker‟s utterances.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2014/154/051401135
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 19 Feb 2014 14:28
Last Modified: 18 Oct 2021 04:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/100840
[thumbnail of BAB_3.pdf]
Preview
Text
BAB_3.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_4.pdf]
Preview
Text
BAB_4.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_5.pdf]
Preview
Text
BAB_5.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of COVER_+_DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
COVER_+_DAFTAR_ISI.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_1.pdf]
Preview
Text
BAB_1.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_2.pdf]
Preview
Text
BAB_2.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item