Hubungan Timbal Balik Antara Manusia Dengan Lingkungan Di Tama New Town yang Tercermin dalam Anime Heisei Tanuki Gassen “Pompoko”

Cahyani, AndriaKumala (2013) Hubungan Timbal Balik Antara Manusia Dengan Lingkungan Di Tama New Town yang Tercermin dalam Anime Heisei Tanuki Gassen “Pompoko”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Manusia dan alam memiliki hubungan timbal balik yang menguntungkan dan merugikan. Manusia memanfaatkan sumber daya alam untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Jika manusia memanfaatkan alam tanpa memperhatikan kepentingan makhluk hidup lain, maka dapat berakibat buruk pada manusia dan makhluk hidup lainnya. Alam dapat menjadi sumber inspirasi bagi manusia dalam berkarya seperti prosa, lukisan, film hingga anime. Salah satu anime yang mengangkat tema tersebut adalah anime Heisei Tanuki Gassen Pompoko. Anime ini menggambarkan hubungan antara manusia dengan lingkungan yang ada di wilayah Tama New Town. Oleh karena itu, dalam penelitian ini penulis akan menjawab rumusan masalah, yaitu bagaimana hubungan timbal balik antara manusia dengan lingkungan di Tama New Town yang tercermin dalam anime Heisei Tanuki Gassen “Pompoko”. Dengan menggunakan kajian kritik sastra lingkungan, penelitian ini akan menjelaskan hubungan timbal balik antara manusia dengan lingkungan yang terjadi secara deskriptif melalui teks dan gambar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hubungan timbal balik yang terdapat dalam anime ini, tidak hanya hubungan yang menguntungkan saja, tetapi juga terdapat hubungan yang merugikan bagi makhluk hidup lain seperti ekploitasi hutan, pencemaran lingkungan, serta perburuan hewan. Selain menjadi media hiburan, anime dapat menjadi media pembelajaran mengenai berbagai hal seperti budaya, sosial, dan lingkungan. Oleh karena itu, penulis menyarankan untuk meneliti anime ini dengan pendekatan lain, seperti menggunakan kajian folklore untuk mengetahui peranan tanuki dalam kebudayaan Jepang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2013/98/051307249
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 25 Sep 2013 09:22
Last Modified: 18 Oct 2021 05:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/100777
[thumbnail of skripsi_andria_full.PDF]
Preview
Other
skripsi_andria_full.PDF

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item