Kajian Pragmatik dalam Cerita Anak Journée poubelle pour Gaëlle karya Jo Hoestlant dan Frédéric Joos

Courtessy, Conny (2013) Kajian Pragmatik dalam Cerita Anak Journée poubelle pour Gaëlle karya Jo Hoestlant dan Frédéric Joos. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pertuturan adalah bentuk komunikasi langsung dimana terdapat pesan yang ingin disampaikan penutur kepada lawan tutur. Namun terkadang pesan tersebut sulit untuk ditangkap oleh lawan tutur. Hal tersebut bisa terjadi karena lawan tutur tidak menyesuaikan diri dengan konteks saat pertuturan itu berlangsung. Oleh karena itu peran konteks amatlah penting dalam suatu pertuturan. Ilmu bahasa yang mempelajari tuturan yang dipengaruhi konteks disebut ilmu pragmatik. Berdasarkan penjelasan tersebut peneliti tertarik untuk menganalisis tuturan-tuturan dalam cerita anak Journée poubelle pour Gaëlle berdasarkan unsur-unsur pragmatik untuk menemukan maksud yang sebenarnya terkandung dalam tuturan-tuturan tersebut. Unsur-unsur pragmatik tersebut antara lain; konteks situasi pertuturan oleh Hymes, tindak tutur oleh Austin dan Searle, dan prinsip kesantunan oleh Grice dan Leech. Oleh karena itulah dalam studi ini penulis akan menjawab rumusan masalah yaitu bagaimana deskripsi unsur-unsur pragmatik dalam cerita anak Journée poubelle pour Gaëlle yang terdapat dalam tuturan tokoh-tokoh yang berbentuk kalimat langsung. Studi ini menggunakan metode kualitatif karena data-data yang diperoleh berupa data deskriptif serta menggunakan pendekatan deskriptif untuk mendeskripsikan fenomena-fenomena baik itu alamiah maupun buatan manusia. Hasil studi ini menunjukkan bahwa unsur-unsur pragmatik antara lain konteks situasi pertuturan, tindak tutur, serta prinsip kesantunan ditemukan dalam tuturan-tuturan yang berbentuk kalimat langsung yang terdapat dalam cerita anak Journée poubelle pour Gaëlle. Unsur-unsur pragmatik tersebut muncul karena cerita anak tersebut dituangkan dengan gaya dialog antar tokoh yang menjadi peserta tuturnya. Unsur-unsur pragmatik tersebut dapat menciptakan sesuatu yang menarik bagi para pembaca cerita anak tersebut. Peneliti menyarankan pada penelitian selanjutnya untuk meneliti tidak hanya tuturan-tuturan yang berbentuk kalimat langsung saja tetapi juga berbentuk kalimat tidak langsung dalam jenis karya lain seperti novel atau karya sastra lainnya. Peneliti juga menyarankan penelitian selanjutnya menggunakan unsur pragmatik lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini antara lain unsur pragmatik implikatur, praanggapan maupun deiksis agar penelitian yang mengambil topik ini dapat lebih lengkap dan bervariasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2013/50/051304490
Subjects: 400 Language > 440 French and related Romance languages
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Perancis
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 27 Sep 2013 10:47
Last Modified: 18 Oct 2021 05:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/100730
[thumbnail of Skripsi_Conny_Courtessy_(0811130006).pdf]
Preview
Text
Skripsi_Conny_Courtessy_(0811130006).pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item