Pengaruh Musik Rock And Roll Dan Gaya Hidup Hippie Dalam Kehidupan Pengarang Yang Tercermin Pada Tokoh Utama Dalam Novel “Tahun 1969” Karya Ryu Murakami

Bhakti, RikardusPrimaMega (2013) Pengaruh Musik Rock And Roll Dan Gaya Hidup Hippie Dalam Kehidupan Pengarang Yang Tercermin Pada Tokoh Utama Dalam Novel “Tahun 1969” Karya Ryu Murakami. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tahun 1969 merupakan salah satu novel karya Ryu Murakami yang menceritakan kehidupan penulis semasa SMA pada tahun 1969. Dalam penelitian ini, penulis menjawab rumusan masalah yaitu, bagaimana bentuk pengaruh budaya luar yang berupa musik rock and roll dan gaya hidup hippie dalam kehdupan pengarang yang tercermin pada tokoh utama novel “Tahun 69” karya Ryu Murakami. Oleh karena itu, pendekatan yang di pakai dalam kajian ini adalah pendekatan biografis untuk mengetahui kehidupan penulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tahun 1969 Jepang telah membuka diri sehingga budaya dari luar perlahan masuk dalam kehidupan anak SMA di Jepang. Salah satunya adalah musik rock and roll dan gaya hidup hippie masuk dalam kehidupan pengarang. Pengarang banyak menceritakan grup musik dari luar negeri dan sering juga menyanyikan lagu rock and roll ketika sedang bahagia. Demikian pula gaya hidup hippie yang menganut kebebasan dan perdamaian, juga mempengaruhi kehidupan pengarang. Barikade yang menuntut kebebasan dan perdamaian merupakan salah satu bentuk pengaruh hippie dalam kehidupan pengarang. Penelitian mendatang yang dapat dilakukan pada novel Tahun 1969 karya Ryu Murakami dengan menggunakan pendekatan berbeda seperti sosiologi maupun strukturalisme. Penulis menyarankan meskipun mengikuti trend budaya dari luar negeri, tapi jangan sampai meninggalkan budaya dalam negeri.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2013/258/ 051601060
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 29 Feb 2016 09:58
Last Modified: 29 Feb 2016 09:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/100716
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item