Grammatical Error Analysis in Tourism Objects Information of Website of Malang City Tour.

Yudharaharja, AdhityaP (2013) Grammatical Error Analysis in Tourism Objects Information of Website of Malang City Tour. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Website pada internet digunakan secara luas untuk mempromosikan obyek pariwisata secara internasional terutama website dalam bahasa Inggris. Informasinya harus dituliskan dengan benar, tetapi kadang-kadang struktur bahasa yang tidak tepat pada satu kalimat yang disebut kekeliruan bisa menimbulkan beberapa interpretasi bagi pembaca. Berkaitan dengan kemungkinan kekeliruan tersebut, penulis tertarik untuk melakukan studi ini. Penulis ingin mengungkap kekeliruan gramatikal pada informasi objek pariwisata dalam Malang City Tour website. Studi ini adalah studi kualitatif, yang menggunakan pola analisis isi atau dokumen karena data yang diambil dalam betuk dokumen atau materi dari website Malang City Tour. Dalam data analisis, penulis mengklasifikasi data menggunakan teori surface strategy taxonomy oleh Dulay dan teori sources of competence error dari Richard. Hasil dari studi ini mengungkap bahwa kekeliruan terutama terjadi dalam bentuk kekeliruan misformasi. Penulis menemukan 45% kekeliruan pembentukan, 40% kekeliruan pengurangan, 10% kekeliruan penambahan dan 5% kekeliruan penempatan. Hasil lain dari studi ini juga mengungkap bahwa sumber dari kekeliruan terutama terjadi karena kekeliruan intralingual pada penggunaan kalimat pasif dan penggunaan akhiran –s, yang berarti bahwa si pembuat website tidak menguasai aturan dari bahasa sasaran. Sebagai tambahan, berdasarkan sumber kekeliruannya, penulis menemukan 92% kekeliruan intralingual, 8% kekeliruan interferensi, tetapi tidak menemukan kekeliruan pengembangan. Dari hasil studi ini, penulis memberikan saran bagi peneliti selanjutnya, yang tertarik pada topik ini untuk memperluas studi ini dengan menganalisis kekeliruan gramatikal yang diaplikasikan pada obyek tertentu dari sudut pandang lainnya seperti penggunaan idiolek pada percakapan yang berhubungan degan gaya bahasa dan dari teori-teori lainnya.

English Abstract

The internet website is widely used to promote tourism objects internationally, especially the English written website. However, information should be well written. Sometimes incorrect tenses or structures of a sentence, which are called error, can cause multiple interpretations to the readers. Related to that, the writer conducted this study to reveal the grammatical errors in tourism object information of Malang City Tour website. This study is a qualitative one, which uses document or content analysis design, because the data were taken from documents or materials of website of Malang City Tour. In data analysis, the writer classified the data by using Dulay’s surface strategy taxonomy theory and Richard’s sources of competence error theory. The result of the study reveals that the errors found mostly belong to misformation errors. The writer found 45% misformation errors, 40% omission errors, 10% addition errors and 5% misordering errors. In addition, the study reveals that the sources of errors mostly happen because of intralingual error. The grammatical errors which are found are in the use of the passive voice and suffix - s. In addition, based on source of error, the writer found 92% intralingual errors, and 8% interference errors, but did not find any developmental error. From the results of the study, the writer suggests the next researchers, who are interested in the same topic to broaden this study by analyzing grammatical errors applied in particular objects from others points of view such as the use idiolect in conversation related to the speech style and other theories.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2013/196/051308255
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 17 Sep 2013 13:23
Last Modified: 18 Oct 2021 05:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/100655
[thumbnail of Skripsi_-_Adhitya_Pratama_Y_(0610330002).pdf]
Preview
Text
Skripsi_-_Adhitya_Pratama_Y_(0610330002).pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item