Gambaran Kehidupan Tokoh Seita dan Setsuko Pada Perang Dunia II Dalam Film Animasi Hotaru no Haka Karya Sutradara Isao Takahata

Oktariani, Marlinda (2013) Gambaran Kehidupan Tokoh Seita dan Setsuko Pada Perang Dunia II Dalam Film Animasi Hotaru no Haka Karya Sutradara Isao Takahata. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Film animasi Hotaru no Haka merupakan karya adaptasi dari novel semi-autobiografi Akiyuki Nosaka. Film ini menceritakan mengenai kilas balik kehidupan dua tokoh utama kakak-beradik pada saat Perang Dunia II di Jepang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kehidupan kedua tokoh utama Seita dan Setsuko pada Perang Dunia II yang tercermin dalam film Hotaru no Haka. Pada penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan sosiologi sastra dari Wellek dan Warren serta Ian Watt yang membagi sosiologi sastra menjadi tiga bagian yaitu sosiologi pengarang, sosiologi karya, dan sosiologi pembaca. Namun fokus penelitian ini menggunakan sosiologi karya yang di dalamnya terdapat aspek isi, tujuan, dan masalah sosial yang muncul di dalam karya sastra. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya masalah sosial yang terjadi selama Perang Dunia II yang memberikan dampak penderitaan pada tokoh utama, Seita dan Setsuko. Dari adegan-adegan yang ditunjukkan dalam film tersebut, digambarkan adanya pengaruh perang terhadap tokoh utama seperti hancurnya infrastruktur, kelaparan akibat kemiskinan, kehilangan orangtua, dan diskriminasi dari tokoh-tokoh lain. Penulis menyarankan kepada mahasiswa jurusan bahasa Jepang untuk meneliti objek ini dengan menggunakan kajian alih wahana berdasarkan novel semi autobiografi yang diadaptasi ke dalam film animasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2013/191/051308162
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 25 Sep 2013 10:54
Last Modified: 18 Oct 2021 05:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/100650
[thumbnail of SKRIPSI_MARLINDA_OKTARIANI_(0811123025).pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_MARLINDA_OKTARIANI_(0811123025).pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item